Pengasuh Ponpes Al Mubarook Manggisan Mauidhoh Khasanah di Haul Mbah Joned

04 April 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 396 Kali
Pengasuh Ponpes Al Mubarook Manggisan Mauidhoh Khasanah di Haul Mbah Joned

infoPleret-  KH Nur Hidayatullah yang memberikan tausyiah di acara Pengajian Akbar pada acara Peringatan Isro' dan Mi'roj Nabi Muhammad SAW dan Haul Almaghfurlah Simbah Kyai Joned ke 54 di Pedukuhan Kanggotan pada 4 April 2019 adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mubarook Manggisan, Wonosobo, Jawa Tengah, yang pesantrennya sudah satu melaksanakan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Jenjang PDF yang sudah berlangsung adalah ulya yang setingkat dengan madrasah aliyah atau SMA. 
Pendidikan Diniyah Formal yang sudah berjalan di Pesantren Al-Mubarok mengajarkan 21 mata pelajaran (mapel). Lima di antaranya merupakan mapel umum, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Inggris. Selebihnya adalah mapel dalam pelbagai cabang ilmu Islam yang semuanya berbasis kitab kuning.
Para guru PDF Pesantren Al-Mubarok, lanjut Nasir, untuk mapel keislaman semuanya direkrut dari dalam Pesantren Al Mubarook sendiri, yaitu para santri senior yang sudah kompeten berbagai cabang ilmu Islam meski mereka belum menyandang Sarjana Pendidikan Islam. Sementara untuk pengajar mapel umum pihak pondok merekrut para guru profesional sesuai jurusan bidang mapel masing-masing dari pengajar yang sudah sarjana.

Di antara mapel keislaman yang diajarkan di PDF Pesantren Al-Mubarak antara lain adalah dalam cabang tafsir memakai kitab Tafsir Jalalain, ilmu tafsir (kitab al-Itqaan fii Ulumil-Qur'an), balaghah (kitab Jauharul Maknun), ilmu kalam (kitab al-Iqtisad fil I'tiqad), fiqih (kitab Fathul Mu'in), nahwu-saraf menggunakan Alfiyah Ibnu Malik, tauhid (kitab Husun al-Hamidiyah), tarikh (kitab al-Rahiqul Makhtum), dan untuk cabang akhlak-tasawuf (kitab Kifayatul Atqiya').
Jenjang pendidikannya terdiri terdiri PDF Ula selama 6 tahun setara SD, PDF Wustha selama 3 tahun setara SMP, PDF Ulya selama 3 tahun setara SMA. Sedangkan jenjang pendidikan tinggi ditempuh pada ma'had ali untuk program sarjana, magister, dan doktor. (rifqi)