Rembug Tani Gapoktan Pleret

03 Maret 2021
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 238 Kali
Rembug Tani Gapoktan Pleret

infoPleret- Bertempat di Kalurahan Pleret, Taruna Tani "Tani Perwira" bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Pleret dan Gabungan Kelompok Tani Pleret mengadakan kegiatan Rembug Tani dengan Nara Sumber Penyuluh Pertanian Lapangan Pleret. Kegiatan ini dihadiri oleh Ulu ulu Pleret, Irfani Andi H, Perangkat Desa, Pengurus Gapoktan Pleret dan Anggota Taruna Tani.

Ulu-ulu Pleret dalam sambutannya mengatakan, penebusan pupuk bersubsidi di Kalurahan Pleret selama tahun 2020 tidak menemui kesulitan. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan dapat tercipta hubungan yang harmonis antar lini. Selain itu untuk kegiatan saluran irigasi di Pleret untuk bisa diusulkan ke dinas terkait, karena selama ini masih banyak saluran irigasi yang rusak.

Sasaran dari Rembug Tani ini adalah pelaku utama, kelompok tani/gapoktan yang berada di Wilayah Kerja Pleret, sehingga dapat tersusun materi penyuluhan yang benar-benar berisi kebutuhan petani dan dapat diterapkan serta adanya dukungan pemerintah untuk pengembangan sektor pertanian

Dia juga menambahkan, Kelompok tani adalah salah pilar dalam mempercepat swasembada pangan khusunya di sektor Padi, jagung dan kedelai (Pajale) akan memberi dukungan optimal guna mengurangi impor pangan, karena melemahnya peran kelompok tani sangat banyak dipengaruhi dari faktor sosial, budaya serta kepentingan pribadi, Oleh karena itu penguatan kelompok tani sebagai ujung tombak dalam pencapaian swasembada pangan perlu dilakukan. Pemerintah memfasilitasi kepentingan petani dalam upaya peningkatan kesejahtraan petani, melalui perbaikan jaringan irigasi, adopsi teknologi dan bantuan sarana prasarana pertanian. (Orisya)