Siaga Mengantar Warga Pleret Melaksanakan KB MOW di Rumah Sakit DKT

11 November 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 428 Kali
Siaga Mengantar Warga Pleret Melaksanakan KB MOW di Rumah Sakit DKT

InfoPleret - Jum'at 12 November 2022 Dukuh Kanggotan Wazir Nuri bersama beberapa Kader Kesehatan mengantarkan salah satu warga Keputren Pleret An. Sudiasih Agustini untuk melaksanakan KB MOW di Rumah Sakit DKT Yogyakarta dengan menggunakan Mobil Siaga Kalurahan.

Begitu ada informasi dadi kader kesehatan bahwa salah satu warganya punya inisiatif untuk melaksanakan KB MOW, kamituwa Anang Jatmiko segera berkoordinasi dengan dukuh kanggotan untuk bisa mengantarkan warga tersebut ke Rumah Sakit DKT Yogyakarta, sebagai bentuk dukungan pemerintah Kalurahan Pleret terhadap pelaksanaan program keluarga berencana di wilayahnya.

MOW adalah prosedur sterilisasi pada wanita yang bertujuan untuk mencegah kehamilan permanen. Faktanya, MOW merupakan kontrasepsi terbaik dan bisa menurunkan risiko kanker ovarium.

MOW atau yang bisa juga disebut tubektomi adalah prosedur pemotongan atau pengikatan tuba falopi (saluran indung telur). Saluran ini yang menghubungkan ovarium ke rahim, Setelah melakukan prosedur MOW, sel-sel telur tak lagi bisa memasuki rahim sehingga mereka tidak dapat dibuahi. Prosedur juga bertujuan menghalangi sperma masuk ke dalam tuba falopi. 

Faktanya, MOW tidak berdampak pada perubahan siklus menstruasi. Prosedur ini menjadi kontrasepsi terbaik guna mencegah kehamilan, tapi berisiko menimbulkan efek samping setelahnya.

Prosedur MOW atau steril kandungan bersifat permanen. Jadi, ini harus dilakukan oleh wanita yang benar-benar sudah tidak ingin memiliki keturunan di masa depan.

MOW adalah prosedur yang dilakukan dengan mengikat atau memotong saluran tuba falopi. Ketika sudah dipotong, saluran ini tidak bisa disambung kembali.