Study Pemanfaatan SID dari Pemerintah Kalurahan Wonosari Gunungkidull

27 Desember 2022
Zunus Riawan
Dibaca 223 Kali
Study Pemanfaatan SID dari Pemerintah Kalurahan Wonosari Gunungkidull

InfoPleret - Kamis, 29 Desember 2022 Pemerintah Kalurahan Pleret mendapatkan kunjungan study tiru tentang penerapan Sistem Informasi Desa di Kalurahan Pleret. Bertempat di ruang pertemuan rombongan dari Kalurahan Wonosari yang dipimpin langsung oleh Lurah Wonosari Bapak Tumija diterima langsung oleh Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs.

Dalam sambutannya Bapak Tumija yang di dampingi Ubaidilah Aminuddin Thoyieb (carik wonosari) menyampaikan beberapa hal untuk bisa dipaparkan tentang SID di kalurahan pleret sehingga bisa mencapai prestasi sampai dengan masuk 3 besar lomba desa tingkat regional jawa bali. Lurah Wonosari membawa rombongan yang terdiri dari unsur Pamong, Bamuskal, LPMK, Karang Taruna, PKK, Desa Prima, Bumkal, Pendamping Desa dan aparatur perangkat desa, sangat berharap kedepan bisa meniru beberapa pengembangan sistem informasi desa yang berbasis database yang sudah diimplementasikan oleh Pemerintah Kalurahan Pleret yang hampir menyentuh semua aspek dan bidang.

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs dalam materinya memaparkan tentang 3 pilar kemandirian yang terdiri dari Sistem Informasi Desa, Tata Kelola Pemerintahan serta Pergerakan Perekonomian Desa. Selain itu transparansi pemerintah kalurahan juga dipaparkan mulai dari kehadiran pamong, pakta integritas, perkal displin pamong, laporan realisasi anggaran desa yang realtime, sistem pelaporan kegiatan yang otomatis dari wa, serta lokasi berbagai macam kegiatan pembangunan di Kalurahan.

Dari beberapa yang hadir, kebanyakan tertarik kepada sistem pengelolaan database kependudukan yang mandiri dan lengkap, mereka berharap Kalurahan Wonosari bisa meniru untuk diterapkan nantinya seusai kegiatan ini, sebuah sistem yang bagus dan ditunjang data yang lengkap pasti akan mempermudah pemerintah kalurahan dalam menganalisis permasalahan dan potensi yang ada untuk menentukan arah kebijaksanaan pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan.

Diharapkan dengan study tiru ini akan membangkitkan semangat kepada seluruh komponen di Pemerintah Kalurahan Wonosari Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul untuk bisa mengambil hal hal positif dari Kalurahan Pleret yang masih memungkinkan bisa diterapkan di wilayahnya.