Pembukaan Pengajian Jum'at Pagi dan Syawalan Bersama Pemerintah Kalurahan Pleret

05 Mei 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 385 Kali
Pembukaan Pengajian Jum'at Pagi dan Syawalan Bersama Pemerintah Kalurahan Pleret

InfoPleret - Pengajian rutin Jum'at Pagi di Pendopo Kalurahan Pleret yang selama bulan Ramadhan 1444 H diliburkan dimulai lagi pada Jum'at 5 Mei 2023. Dalam pembukaan pengajian Jum'at pagi ini juga dilaksanakan acara syawalan atau halal bi halal. Hadir dalam acara ini Lurah Pleret, Pamong Kalurahan, Pengurus LPMKal dan jamaah pengajian Jum'at Pagi. Dan bertindak sebagai penceramah pengajian Bapak H. Muhlasin, S.Ag. dari Bakung Sewon.

Mewakili pengurus LPMKal Kalurahan Pleret Bapak Tadhorungin memandu ikrar syawalan atau halal bi halal yang diikuti oleh semua jamaah. Dalam ikrar syawalan itu diucapkan bahwa jamaah saling meminta dan memberikan maaf secara tulus dan ikhlas apabila terdapat kesalahan dan kekhilafan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiranya dan berharap semoga dengan pengajian ini Alloh akan memberikan berkah kepada masyarakat Pleret. Selanjutnya mewakili Pemerintah Kalurahan Pleret memohon maaf dan ikhlasnya apabila ada kesalahan dan kekhilafan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di akhir sambutannya  Lurah Pleret meminta kehadirannya secara rutin dalam pengajian Jum'at Pagi ini sehingga bisa menambah keilmuan dan semoga bisa menjadi amal jariyah kita semua.

Dalam tausiyahnya Bapak H. Muhlasin, S.Ag. menyampaikan bahwa kita harus berusaha istiqomah untuk bisa melaksanakan ibadah seperti ketika bulan Ramadhan baik sholat jamaah, tadarus Al Quran, sholat lail, mengikuti kajian, sedekah dan amalam ibadah lainnya. Selanjutnya dalam melaksanakan amal ibadah kita harus punya semangat/ghiroh dan cita cita/ghimah sehingga Alloh akan memberikan pertolongan dan kemudahan dalam kita beramal ibadah. Diakhir tausiyahnya Bapak H. Muhlasin, S.Ag menyampaikan seseorang yang mempunyai karakter atau sifat taqwa  yaitu  orang yang dermawan, bisa menahan marah dan mudah memberikan maaf kepada orang lain.

Perlu disampaikan bahwa Pengajian Jum'at Pagi ini merupakan program dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMKal) Kalurahan Pleret dalam rangka  memberikan fasilitas bagi masyarakat Kalurahan Pleret untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang agama Islam.

Â