Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta Gelar Workshop dan Lomba Mewarnai

03 Maret 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 29 Kali
Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta Gelar Workshop dan Lomba Mewarnai

InfoPleret, Sabtu, 2 Maret 2024, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta menggelar sebuah acara workshop dan lomba seni yang menarik di Lereng Sentono. Acara ini diselenggarakan dalam rangkaian perayaan Hari Jadi Kalurahan Pleret yang ke-76.

Workshop yang bertema Tatah Sungging dengan fokus pada Ratu Malang Era Kerajaan Mataram Islam berhasil menarik perhatian banyak peserta. Di antara mereka adalah Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Lurah Pleret, serta siswa dari beberapa Sekolah Menengah Pertama se-Kalurahan Pleret. Tak hanya itu, warga sekitar juga turut hadir untuk mengikuti acara yang bertujuan untuk memperkenalkan, Sejarah Ratu Malang, Seni dan Budaya yang kaya di daerah Pleret, Bantul, Yogyakarta.

Selain workshop, acara ini juga menampilkan lomba mewarnai Wayang yang diikuti oleh siswa SD dari berbagai kalangan. Lomba ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan memperdalam pemahaman tentang seni wayang, salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya.

Menariknya, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Pleret kepada masyarakat umum. Dengan menggabungkan workshop Tatah Sungging dan lomba mewarnai Wayang, AKN Seni dan Budaya Yogyakarta berhasil menciptakan sebuah acara yang edukatif dan menghibur sekaligus.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk semakin memasyarakatkan dan melestarikan seni dan budaya tradisional di Yogyakarta. Dengan dukungan dari berbagai pihak, semoga seni dan budaya Pleret akan terus berkembang dan diapresiasi oleh generasi muda di masa mendatang.