Profil Desa

29 Juli 2013
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 2.402 Kali
Profil Desa

Desa Pleret atau istilah dalam nomenklatur di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta biasa disebut dengan Kalurahan merupakan salah satu Desa/Kalurahan di wilayah Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul yang terdiri dari 11 Padukuhan dan 79 RT. Letaknya yang strategis dengan dihimpit oleh 2 sungai besar (sungai opak dan sungai gajahwong) dan sebuah bukit (bukit sentono) menjadikan Kalurahan Pleret memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi daerah pariwisata berbasis komunitas untuk meningkatkan perekonomian kalurahan.

Disamping itu Kalurahan Pleret juga merupakan wilayah bekas berdirinya Kerajaam Mataram Islam zaman Sultan Agung Hanyokrokusumo dan Sunan Amangkurat 2, disini terdapat beberapa situs peninggalan Kraton Kerto dan Kraton Plered yang menjadi Cagar Budaya Pemerintah Provinsi DIY. Bahkan nama Padukuhan yang ada sangat kental dengan nama nama tempat zaman kerajaan.

Nama 11 Padukuhan yang ada antara lain:

1. Padukuhan Gunungan

2. Padukuhan Trayeman

3. Padukuhan Kauman

4. Padukuhan Gunungkelir 

5. Padukuhan Kedaton 

6. Padukuhan Pungkuran

7. Padukuhan Karet

8. Padukuhan Kerto 

9. Padukuhan Kanggotan

10. Padukuhan Bedukan

11. Padukuhan Keputren 

Hampir seluruh intansi pemerintahan tingkat Kapanewon berada di wilayah Kalurahan Pleret. Instansi tersebut antara lain Polsek Pleret, Koramil Pleret, Puskesmas Pleret, SD Keputren, SD Kauman, SD Kanggotan, SD Pungkuran, SD NU Pemanahan, SMP N 2 Pleret, SMP Muhammadiyah Pleret, Muhammadiyah Boarding School, SMA N 1 Pleret, dan SMA Muhammadiyah Pleret.

Dibawah kepemimpinan lurah muda Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. Kalurahan Pleret di awal tahun 2023 sudah mendapatkan berbagai status desa/Kalurahan diantaranya :

1. Rintisan Desa Budaya

2. Desa Wisata

3. Desa Prima

4. Desa Preneur 

Selain itu juga mendapatkan status Desa Cerdas dari SK Kementrian Desa PDTT.

Kalurahan Pleret saat ini bayak dikenal dengan Desa Digitalnya, karena banyak sekali inovasi dibidang teknologi informasi yang sudah diterapkan dan dilaksanakan di Kalurahan dan tertuang didalam satu website https://pleret.id yang didalamnya terdapat banyak sekali fitur dan informasi datanya. 

Prestasi yang pernah diraih oleh Pemerintah Kalurahan Pleret diantaranya:

1. Juara I Lomba Desa/Kalurahan tingkat Kabupaten Bantul (Tahun 2022);

2. Juara I Lomba Desa/Kalurahan tingkat Provinsi DIY (Tahun 2022);

3. Juara III Lomba Desa/Kalurahan tingkat Regional 2 Nasional (Tahun 2022);

4. Juara III Lomba Pindeskel Dirjen Bina Pemdes Kemendagri (Tahun 2022).

Kalurahan Pleret juga membuka berbagai paket wisata dan kesempatan belajar tentang digitalisasi pemerintahan desa melalui program study desa yang bisa dilihat melalui https://visit.pleret.id 

 

Pleret Heritage Of Mataram