Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

09 Juni 2023
Dewi Orisya
Dibaca 498 Kali
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Agenda Upacara:

  1. Pembukaan upacara.
  2. Penghormatan kepada bendera Merah Putih.
  3. Pembacaan teks Pancasila.
  4. Penyampaian makna Hari Lahir Pancasila.
  5. Penutup upacara.

Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Kapanewon Pleret dimulai pada pukul 07.30 WIB. Peserta upacara hadir sesuai daftar hadir yang terlampir. Pembukaan upacara dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab, yang memberikan pengarahan mengenai jalannya upacara.

Pembukaan upacara dilakukan dengan penghormatan kepada bendera Merah Putih dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Peserta upacara berdiri tegak dan mengangkat tangan kanan seraya mengepalkan jari telunjuk.

Pembacaan Teks Pancasila: Peserta upacara melakukan pembacaan teks Pancasila secara bersama-sama. Pembacaan teks Pancasila ini dilakukan dengan suara lantang dan penuh semangat, sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Penyampaian Makna Hari Lahir Pancasila: Peserta upacara diberikan penjelasan mengenai makna Hari Lahir Pancasila. Penyampaian ini mencakup sejarah lahirnya Pancasila, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta relevansinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya adalah agar peserta upacara dapat memahami dan menghayati makna penting Pancasila sebagai ideologi negara.

Penutup

Upacara selesai dilanjutkan istirahat makan dan minum.