Kesenian

Kethoprak Muda Mudi Keputren kridho budoyo

01 Mei 2021
Administrator
Dibaca 120 Kali
Kethoprak Muda Mudi Keputren kridho budoyo

Kesenian kethoprak di dusun keputren merupakan kesenian andalan pada jamannya, bahkan saking populernya kesenian ini sampai ada 2 grup kethoprak dalam satu kampung, yakni NGESTI BUDOYO dan TIMBUL KRIDHO BUDHOYO. Kedua grup ini saling bergantian untuk mengadakan pentas baik di dalam maupun diluar daerah. Namun seiring perkembangan jaman dan generasi serta situasi ekonomi pada waktu itu satu persatu kesenian ini kian jarang melakukan latihan ataupun pentas dan akhirnya tidak ada lagi yang mampu bertahan. Hanya terkadang pada saat perayaan merti dusun kesenian kethoprak ini ditampilkan dengan para pemain lama yang di campur dengan pemain muda yang berminat menekuni kesenian kethoprak ini.
Pada tahun 1983 barulah muncul adanya kelompok muda mudi yang terketuk dan menghidupkan kembali kethoprak ini dengan pemain-pemain muda dari organisasi muda- mudi yang ada di Keputren. Anak-anak muda ini begitu tertarik dengan kesenian kethoprak, kemudian mereka giat berlatih dan sering mengadakan pentas setiap tahun baik itu untuk acara perayaan hari kemerdekaan maupun acara merti dusun yang ada di dusun Keputren sampai sekarang.
Alhamdulillah pada tahun 2019-2020 kesenian kethoprak anak anak dari muda- mudi keputren ini kemudian di register ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dengan Nama Paguyuban Kethoprak Muda ” KRIDHO BUDOYO ” 

 

Lokasi

 

Video

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image