Berita

KITA HARUS TAHU, Mengenal Kandungan Nutrisi dan Manfaat Umbi Gembili bagi Kesehatan

18 Mei 2018
Vaksin
Dibaca 675 Kali
KITA HARUS TAHU, Mengenal Kandungan Nutrisi dan Manfaat Umbi Gembili bagi Kesehatan

infoPleret- Hai Hai Sahabat, Selamat Sore? Gembili adalah satu diantara jenis tanaman umbi sebagai satu diantara makanan kesukaan di pedesaan.. Gembili mempunyai buah sama dengan ubi jalar yang memiliki ukuran satu kepalan orang dewasa.. Gembili mempunyai kulit yang tipis serta berwarna coklat muda.. Jenis umbi yang satu ini enak bila dikonsumsi lewat cara di rebus atau dikukus serta menghasilkan struktur yang gembur.. Gembili tidak seperti gadung yang beracun atau talas yang bisa menjadikan gatal hingga aman untuk dikonsumsi..
Ada bermacam jenis gembili di Indonesia yang cukup populer sebagaimana gembili gajah, gembili ketan, gembili srewot, serta gembili wulung..
Kandungan Nutrisi Gembili.
Di bawah ini kandungan yang ada pada gembili per 100 gr dengan bagian yang bisa dikonsumsi 85 persen .. Protein 1,5 gram. Lemak 0,1 gr. Energi 95 kilokalori. Karbohidrat 22,4 gram. Fosfor 49 miligram. Zat besi 1 miligram. Kalsium 14 mg. Vitamin A sejumlah 0 IU. Vitamin C 4 miligram. Vitamin B1 0,05 miligram.
Berikut manfaat umbi gembili bagi kesehatan dan kehidupan manusia:

1. Mengandung zat glucomannan.
Zat yang satu ini menyatu dengan faedah protein yang bertindak untuk kurangi kolesterol jahat pada badan.. Tidak cuma itu, kehadiran zat ini dapat juga dipakai tingkatkan kolesterol baik yang bermanfaat untuk badan..

2. Mengenyangkan Perut.
Umbi gembili tidak cuma enak dipakai sebagai bahan pembuatan makanan tetapi dapat juga berikan dampak kenyang pada pengonsumsinya.. Walaupun rasa gembili termasuk pahit tetapi ternyata, gembili bisa dipakai sebagai pengganti makanan pokok yang menyehatkan..

3. Bahan pembuatan product makanan.
Gembili bisa dipakai sebagai bahan pembuatan mie instan, kerupuk atau malahan kue.. Selain itu gembili dapat juga dipakai sebagai makanan penambahan serta untuk diekstrak jadi tepung.. Gembili yang diekstrak dari tepung mempunyai serat yang halus hingga gampang untuk diolah serta bagus untuk beberapa penderita pencernaan.. Makanan dari gembili pasti lebih sehat bila dibanding dengan jenis makanan praktis yang beredar saat ini.. Tidak sama dengan gembili atau product makanan tradisinal yang lain, makanan kini banyak terkandung bermacam bahan kimia beresiko serta bisa menginvasi kesehatan kita..

4. Pupuk hijau.
Tidak cuma mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi daun gembili dapat juga dipakai untuk menyuburkan tanaman lain dengan di buat pupuk hijau. Daun gembili bisa dipakai sebagai media tanam pada tanaman rimpang sebagaimana lengkuas, jahe atau dapat pula tanaman hias sebagaimana pakis, begonia serta wijayakusuma..

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat umbi gembili bagi kesehatan dan kehidupan..
Semoga infformasinya bisa berguna dan bermanfaat ya.. (wal)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image