Kunjungan PMK berau Kalimantan Timur

19 Januari 2023
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 475 Kali
Kunjungan PMK berau Kalimantan Timur

Jum'at (27/01/23), Hj. Tenteram Rahayu selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Kampung kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur berkunjung ke Desa Digital Kalurahan Pleret.

Kepala dinas beserta tim dari Kabupaten Berau didampingi beberapa penggiat dan relawan desa dari Kalurahan Panggungharjo Bantul diterima langsung oleh Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. di ruang Co-working Space Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta.

Dalam sambutannya Ibu Hj. Tenteram Rahayu menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung di Kalurahan Pleret, diantaranya ingin tahu lebih dalam tentang Inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi yang sudah dijalankan di pemerintahan kalurahan pleret. Beliau juga menanyakan kenapa Bapak Taufiq yang seharusnya sudah nyaman menjadi dosen dan programer tertarik menjadi lurah, dan sejauhmana inovasi-inovasi berbasis teknologi informasi bisa bermanfaat bagi masyarakat pleret.

Kemudian Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. memaparkan berbagai inovasi yang ada di pleret sehingga Kalurahan Pleret bisa masuk menjadi juara 3 lomba desa tingkat regional jawa-bali, beliau juga menyampaikan tentang pentingnya reformasi birokrasi pemerintahan desa yang menyeluruh agar kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa bisa terbangun kembali.

Selama ini berkembang stigma dan rasa ketidak percayaan terhadap kebanyakan pemerintah desa hampir di seluruh Indonesia, sehingga Transparansi anggaran dan kegiatan kepada masyarakat dan lembaga-lembaga desa menjadi isu utama bagi pemerintah kalurahan pleret dalam membangun kembali kepercayaan itu. Karena Pemerintah Desa akan dapat cepat memajukan wilayahnya setelah mendapatkan kepercayaan dari masyarakatnya.

Setelah acara pemaparan dan diskusi panjang acara dilanjutkan dengan ramah tamah di angkringan mbah mo Gerbang Pleret. Kepala DPMK Kabupaten Berau menyempatkan untuk memborong produk umkm pleret yang ada di stan desa Preneur berupa Peci rajut, Egg rolls ubi ungu dan Kerajinan topi dari kain.

Diharapkan dengan kegiatan diskusi ini kedepannya DPMK Kabupaten Berau akan mengajak rombongan dari kampong/desa yang ada di Berau untuk bisa belajar bersama di Kalurahan Pleret diwaktu yang akan datang.