IPAL Sebagai Solusi Pengolahan Air Limbah

04 Februari 2020
Tita Suwening Apriani
Dibaca 477 Kali
IPAL Sebagai Solusi Pengolahan Air Limbah

infoPleret- IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yakni, sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Biasanya, di lingkungan masyarakat lebih dikenal untuk IPAL dari limbah kotoran padat (tinja) dari wc yang dikenal dengan istilah septic tank.

Dalam pengaplikasiannya, IPAL sendiri dapat dikategorikan menjadi dua, yakni IPAL mandiri untuk perorangan / per keluarga/ per bangunan dan IPAL komunal yang digunakan oleh kelompok masyarakat dalam satu scoop kawasan tertentu.

Dulu jumlah penduduk dunia tidak sebanyak sekarang sehingga jarak antar rumah tidak terlalu berdekatan. Begitu pula jarak antara sumur dan WC. Limbah kimia juga nyaris tidak ada. Sehingga air sumur bahkan cukup aman untuk diminum langsung. Saat ini bumi kita sudah tidak mampu lagi mengolah kotoran/limbah yang sudah bermacam jenisnya (terkontaminasi bahan kimia) dan jumlahnya banyak. Diperlukan upaya manusia untuk mengolah air limbah dengan benar sehingga tdak mencemari air tanah dan lingkungan. Pemerintah Desa Pleret, bekerja sama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM Pleret) membangun IPAL di Dusun Kanggotan dan Gunungkelir.

Adapun, instrumen IPAL Komunal terdiri atas unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga. Unit pengolah limbah ada yang terletak jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang berlokasi di lokasi pemukiman warga. (iw)