Sayuran Caisim

Caisim

13 November 2021
Administrator
Dibaca 70 Kali
Caisim

Caisim adalah sayuran yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia dengan ragam menu pilihan. Mulai dari sup, kripik, dan hidangan pelengkap pada mie ayam maupun bakso.

Caisim umumnya dikenal sawi hijau, namun karena sawi memiliki berbagai jenis sehingga masyarakat sering salah mengartikan bahwa semua jenis sawi berwarna hijau adalah caisim. untuk itu kami membuat kampung tematik CAISIM di padukuhan Kanggotan. Adapun proses budidayanya sebagai berikut:

KEGIATAN KAMPUNG TEMATIK CAISIM KANGGOTAN

  1. Sosialisasi Aku Hatinya PKK dan penentuan padukuhan  kanggotan rt.008 sebagai padukuhan sample Kampung Tematik Sayur Caisim
    Sosialisasi
  2. Pengumpulan sampah plastik bekas minyak goreng dan botol-botol

  3. Gotong royong warga Kanggotan ,Pleret, Pleret, Bantul
    Kerja bakti Minggu pagi,
    - Bpk Lurah Kalurahan Pleret
    - Bpk Dukuh Kanggotan
    - Bpk Babin kamtibmas
    - Bpk Babinsa
    - Ibu-Ibu pengurus PKK Padukuhan Kanggotan dan ibu-ibu PKK Kanggotan RT 008
  4. Penyemaian benih Caisym “Guyub Rukun Menanam Sayur” Padukuhan Kanggotan RT.008

  5. Pendampingan Kampung Sayur di Padukuhan Kanggotan RT 08 oleh TP PKK Kalurahan Pleret



  6. Tanaman Caisim



  7. Pemantauan dan Persiapan Tempat Tanaman



  8. Rapat koordinasi pokja Aku Hatinya PKK 30 november 2021


  9. Guyub Rukun dengan Pemuda mencari Carang Bambu


  10. Menerima Bantuan Cat dan Proses Menghias




  11. Pendampingan dari BPP Kapanewon Pleret dan Monitoring TP PKK Kalurahan Pleret











 

Sementara itu kandungan dan manfaat caisim jika dikonsumsi adalah sebagai berikut:

Kandungan Gizi Caisim

Menurut US Department Agriculture (USDA), berikut adalah kandungan Caisim jenis bok choy per 100 gram yang terdiri dari:

Kandungan Gizi Kebutuhan Per Hari
Energy 13 kcl
Karbohidrat 2.18 g
Protein 1.5 g
Total Lemak 0.20 g
Kolesterol 0 mg
Serat 1 g
Vitamin A 223 µg
Vitamin C 45 mg
Vitamin K 45.5 µg
Vitamin B-6 0.194 mg
Tiamin 0.04 mg
Riboflavin 0.07 mg
Niacin 0.5 mg
Pantotenik 0.088 mg
Folat 66 µg
Magnesium 19 mg
Kalium 252 mg
Sodium 65 mg

Kandungan gizi utama pada Caisim adalah Vitamin A, Vitamin B-6, Vitamin C, Magnesium, Kalium , Sodium dan serat yang dapat membantu mencegah penyakit kanker dan mencegah serangan jantung.

Manfaat Caisim bagi kesehatan

  • Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan Beta karoten bersamaan dengan glucosinolate mampu mencegah faktor yang mempengaruhi pada sindrom metabolisme. Caisim dapat mengurangi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

  • Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian melakukan pegamatan selama 10 minggu dengan subjek tikus yang mengalami kelebihan berat badan karena diabetes.

Pada penelitian tersebut, dengan memberikan tikus makanan sayuran caisim selama 28 hari, hasilnya sangat signifikan menunjukkan adanya perbaikan berat badan dengan memperhatikan makanan lain yang dikonsumsi. 

  • Mencegah Obesitas

Efek caisim pada metabolisme mampu mengurangi penumpukan kolesterol jahat, bebas lemak, dan baik untuk yang mengalami kelebihan berat badan.

Sebuah penelitian, melakukan uji coba pada tikus untuk mengonsumsi caisim dengan hasil protein kinase, menunjukkan bahwa ekstrak caisim aman dan efektif untuk penderita obesitas .

Protein kinase adalah protein yang ditambahkan enzim fosfor yang akan menghasilkan reaksi protein dengan kadar yang dibutuhkan oleh manusia.

  • Mencegah Kanker dan Peradangan

Kandungan Glucosinolates pada caisim digunkanan sebagai efek chemoprotetive yang dapat melawan gejala pada kanker tertentu.

Menurut hasil penelitian dari The John Hopkins University, penelitian yang dilakukan sejak tahun 2000 menunjukkan adanya zat pencegah kanker dan anti peradangan pada caisim.

Lebih lanjut, caisim mengandung antioksidan dan zat katalase yang jika dimasak menghasilkan molekul bioaktif yang dapat mencegah sel kanker. Zat Katalase adalah enzim dimana zat perioksida hidrogen diurai menjadi oksigen

  • Mencegah Asma dan Penyakit Alzheimer

Menurut penelitian berasal dari Italia, baik secara langsung maupun tidak langsung bukti menunjukkan adanya manfaat pada caisim yang mencegah ganggungan metabolisme seperti asma dan penyakit alzheimer. 

Kandungan Asam sinamat menunjukkan adanya anti peradangan dan perlindungan sel pada otak yang mencegah kerusakan sel maupun disfungsi kognitif. 

Dokumen Lampiran

Dokumentasi Kegiatan
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image