Tim SID Bimtek Desa Online Gelombang ketiga

22 November 2018
Vaksin
Dibaca 198 Kali
Tim SID Bimtek Desa Online Gelombang ketiga

infoPleret- Bimtek “Desa Online” merupakan Program pengembangan Desa Wisata , Wisata Alam dan Wisata kuliner. Bimtek yang dilaksanakan pada Kamis, 22 November 2018 di Aula Kantor Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. Adapun isi dari pemaparan narasumber adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) adalah sistem informasi yang dikembangkan untuk membantu peningkatan kinerja pembangunan berdasarkan partisipasi masyarakat, baik dalam perencanaan, implementasi, maupun dalam pelaporannya.
  2. SIPBM dikembangkan dalam rangka memberi peluang para penentu kebijakan, pemangku, kepentingan, dan anggota masyarakat untuk berpartisipasi menuntaskan dan mencari solusi permasalahan pembangunan di daerahnya yang meliputi pembangunan pendidikan, kesehatan, dan pembangunan bidang-bidang lainnya.
  3. Optimalisasi perencanaan berbasis data dan informasi yang faktual ini diyakini akan mendukung visi “Memahami Potensi dan Persoalan Masyarakat untuk Mewujudkan Desa yang Mandiri dan Berdaulat.
  4. Daerah-daerah yang telah menggunakan SIPBM antara lain Kabupaten Mamasa (Sulawesi Barat), Kabupaten Brebes (Jawa Tengah). (rga)