Penyuluhan Kader Balita dan Lansia

12 Desember 2019
Vaksin
Dibaca 186 Kali
Penyuluhan Kader Balita dan Lansia

infoPleret- Bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret pada Kamis (12/12) Kasi Pelayanan Desa Pleret Anang Jatmiko mengadakan penyuluhan Kader Balita dan Lansia dengan narasumber dari Puskesmas Pleret. Dalam kesempatan ini Ibu Erni dari Puskesmas Pleret menyampaikan mengenai kesehatan lansia dan balita serta ketugasan kader. Kader Posyandu Balita bersama sama lebih menghidupkan kembali atau lebih menyemarakkan kegiatan Posyandu agar ibu ibu balita lebih giat membawa putranya ke Posyandu. Kader di Posyandu menjadi Kontributor dari sistem dokumentasi kegiatan tidak hanya di Posyandu melainkan kepada kegiatan kegiatan kesehatan yang lebih luas. 

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Terdapat beberapa peran kader pada kegiatan Posyandu Lansia (Lanjut Usia), antara lain:
Melakukan kegiatan penggerakan masyarakat:
1. Mengajak usia lanjut untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan dikelompok usia lanjut
2. Memberikan penyuluhan/penyebarluasan informasi kesehatan, antara lain: cara hidup bersih dan sehat, gizi usia lanjut, kesehatan usia lanjut.
3. Menggali dan menggalang sumberdaya, termasuk pendanaan bersumber masyarakat.
1. Melaksanakan kegiatan dikelompok usia lanjut :
2. Menyiapkan tempat, alat-alat dan bahan
3. Memberikan pelayanan usia lanjut, seperti  Mengukur tinggi dan berat badan, Mencatat hasil pelayanan dalam buku register dan KMS, Memberikan penyuluhan perorangan sesuai hasil layanan, Melakukan rujukan kepada petugas kesehatan / sarana kesehatan (bila petugas kesehatan tidak hadir), Mengunjungi sasaran yang tidak hadir dikelompok usia lanjut, serta Melakukan pencatatan. (rga)