Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid At-Taqwa Pungkuran

04 Juni 2018
Vaksin
Dibaca 197 Kali
Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid At-Taqwa Pungkuran

infoPleret- Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an, takmir masjid At-Taqwa mengadakan pengajian, Senin (04/06). Hadir dalam acara tersebut Dukuh Pungkuran, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat setempat.

Bagi umat islam mengetahui dan memahami tentang makna dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya maka umat islam khususnya Dusun Pungkuran selalu mengadakan peringatan hari besar Islam itu, agar manusia bisa mengambil hikmah-hikmah dari kegiatan tersebut.

Pengajian dimulai pukul 20.00 WIB setelah shalat tarawih. Ust. Alvis sebagai pengisi tausiyah menyampaikan terkait dengan kitab suci umat islam yang dijadikan sebagai pedoman. Setiap umat terdahulu memiliki kitab suci sendiri sendiri, Budha dengan kitab tripitakanya yang berisi dengan pedoman-pedoman kehidupan dan diajarkan oleh para pendita. Kristen dengan kitab injilnya yang sekarang sudah mengalami perubahan dan kitab injil terbagi menjadi dua yaitu perjanjian lama dan perjanjian baru dan masih ada yang lain. Dan umat islam memiliki kitab suci yang berupa Al-Qur’an. Mengapa dikatakan kitab suci, sebab tidak pernah mengalami perubahan sama sekali. Tujuan kitab suci Al-Qur’an ini sebagi petunjuk bagi umat islam agar bisa mengatur kehidupan dunia sampai akherat. 

Al-Qur’an sebagai kitab suci karena tiga hal :
  1. Isi dan redaksi, lafalnya langsung dari Allah Subhanahu Wata’ala  
  2. Isi Al-Qur’an sesuai fitrah manusia 
  3. Isi Al-Qur’an tidak saling bertentangan

(dw)