Tips Sederhana ala Ibu-Ibu PKK Kerto Lor

09 September 2019
Vaksin
Dibaca 182 Kali
Tips Sederhana ala Ibu-Ibu PKK Kerto Lor

infoPleret- Ibu Ngadino memberikan tips sederhana untuk para ibu-ibu yang kurang olahraga atau gerak guna memperlancar peredaran darah. Mungkin tips ini hanya sederhana akan tetapi dapat bermanfaat sekali, adapun tipsnya adalah sebagai berikut :

GERAKAN SATU : Kedua tangan diluruskan kedepan --- siku agak ditekuk ---telapak tangan menghadap kebawah , kedua ibu jari dimasukkan kedalam genggaman. Kedua genggaman disejajarkan dan saling benturkan satu dengan yang lain - sebanyak 36 kali - Pertama/dua/tiga kali terasa sakit – lama2 terbiasa. Manfaat gerakan ini untuk mengobati dan mencegah penyakit di daerah kepala dan wajah, misalnya : penglihatan kabur , sakit gusi/gigi , sakit kepala dan pencegahan flu.

GERAKAN DUA : Kedua tangan diluruskan kedepan, siku agak ditekuk, telapak tangan menghadap keatas. Kedua tangan di sejajarkan dan dibentur-benturkan sebanyak 36 kali. Manfaat dari gerakan ini : mengobati tengkuk nyeri kaku , melonggarkan kedua bahu yang terasa berat untuk mencegah timbulnya tulang rawan.

GERAKAN TIGA : Kedua telapak tangan menghadap keatas dan berhadapan - dan didaerah pergelangan tangan saling dibenturkan sebanyak 36 kali. Manfaat gerakan ini adalah mencegah sakit jantung , sesak nafas , melonggarkan pikiran yang tegang. GERAKAN EMPAT : Kedua telapak tangan menghadap kebawah , telunjuk dan ibu jari dibentangkan menjadi satu sudut siku-siku. Antar sudut siku-siku itu di bentur-benturkan sebanyak 36 kali. Manfaat gerakan ini untuk mencegah dan mengobati penyakit peredaran darah , misalnya kesemutan di ujung2 tangan dan kaki.

GERAKAN LIMA : Kedua telapak tangan jari2-nya dilebarkan , dan saling dibentur-benturkan / saling masuk – dengan dua tangan sebanyak 36 kali. Manfaat gerakan in sama dengan gerakan Empat.

GERAKAN ENAM : Telapak tangan kiri di genggamkan dan telapak tangan kanan dibuka menghadap genggaman tangan kiri. Kedua tangan di bentur-benturkan/dijotoskan sebanyak 36 kali. Manfaat gerakan ini untuk melepaskan lelah dan membangkitkan semangat kerja. Ingat dengan gaya para petinju jika hendak berlaga ,…. seperti itu-lah.

GERAKAN TUJUH : Telapak tangan kanan digenggamkan dan telapak tangan kiri dibuka menghadap kepalan tangan kanan. Kedua tangan itu juga saling di benturkan/dijotoskan sebanyak 36 kali Manfaat gerakan ini juga sama dengan gerakan Enam.

GERAKAN DELAPAN : Telapak tangan kanan menghadap keatas dan telapak tangan kiri menghadap kebawah. Benturkan punggung masing2 tangan itu sebanyak 36 kali. Manfaat dari gerakan ini : mengkoordinasi fungsi organ tubuh – mencegah dan mengobati diabetes-militus.

GERAKAN SEMBILAN : Kedua ibu jari dan telunjuk masing2 menarik –narik telinga kanan dan kiri sebanyak 36 kali. Manfaat gerakan ini : karena di daerah telinga bawah terdapat titik akupuntur yang terutama , maka dapat melancarkan darah bagian muka , mata dan otak.

GERAKAN SEPULUH : Kedua telapak tangan saling digesekkan 6 putaran/sampai terasa panas dan arahkan telapak tangan ke daerah mata , memutarinya sebanyak 6 kali. Ulangi gerakan itu sampai 6 kali berturut. Manfaat gerakan ini untuk melancarkan peredaran darah sekitar mata dan mengurangi penglihatan kabur. Jika kita selesai melakukan gerakan2 ini ,kita dapat merasakan seluruh aliran darah tubuh kita lancar dan badan terasa segar bugar kembali. Waktu singkat – tidak membutuhkan tempat dan alat/ training khusus , kapan saja dimana saja. Penulis sering melakukan jika badan mulai ada tanda2 terserang flu atau badan kurang nyaman.

SELAMAAAT MENCOBA !!!