Kunjungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat ke Desa Digital Pleret

24 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 37 Kali
Kunjungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat ke Desa Digital Pleret

InfoPleret - Dalam upaya meningkatkan pembangunan desa melalui arah kebijakan desa digital, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Digital Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul pada Kamis, 23 November 2023.

Rombongan tamu yang terdiri dari Kabid Bina Desa PMD Provinsi Jawa Barat, Bp. Asep Nandang, Analisis Kebijakan Muda, Bp. Nugi Subarna, Camat Arcamanik, BP. Wili Widia, Fungsional Tata Pemerintahan Kota Bandung, Bp. Doni Hamzah, Kepala Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kota Garut, dan Lurah Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, hadir untuk memahami dan mendukung perkembangan Desa Digital di Jawa Barat.

Rombongan diterima langsung oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs, dan Carik Iwan Alim Sunu Purwoko, SP. Pada kesempatan tersebut, Lurah Pleret dan Carik Iwan Alim Sunu Purwoko menjadi pemateri utama, membahas berbagai aspek terkait implementasi desa digital di Kalurahan Pleret.

Lurah Pleret menyampaikan, "Kami sangat mengapresiasi kunjungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat. Ini adalah kesempatan berharga untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait upaya memajukan desa melalui tools digitalisasi sistem informasi pemerintahan desa"

Pertukaran ide gagasan antara rombongan tamu dan Lurah Pleret Bantul memberikan kontribusi positif dalam merumuskan strategi pengembangan yang lebih baik. Kabid Bina Desa PMD Provinsi Jawa Barat, Bp. Asep Nandang, menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan desa digital yang berdaya.

Analisis Kebijakan Muda, Bp. Nugi Subarna, menambahkan, "Desa Digital Pleret dapat menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain di Jawa Barat. Kolaborasi antara sektor pemerintahan dan masyarakat setempat dapat menciptakan terobosan signifikan."

Kunjungan ini diakhiri dengan harapan bahwa kunjungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat di Desa Digital Kalurahan Pleret akan akan menjadikan inspirasi, dan bisa membawa inovasi dan kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat desa-desa dan Kelurahan di wilayah Jawa Barat.