Study Komparatif Penggiat SID Se-Kecamatan Pancung Soal Sumatera Barat

01 Desember 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 71 Kali
Study Komparatif Penggiat SID Se-Kecamatan Pancung Soal Sumatera Barat

InfoPleret - Jum'at, 1 Desember 2023, Penggiat Sistem Informasi Desa (SID) se-Kecamatan Pancung Soal menggelar studi komparatif yang menarik perhatian. Acara ini melibatkan narasumber utama, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., yang memberikan wawasan mendalam mengenai digitalisasi sistem informasi di Kalurahan Pleret.

Dalam paparannya, Lurah Pleret Taufiq Kamal menjelaskan secara rinci perkembangan SID di Kalurahan Pleret. Ia menyoroti inovasi dan perubahan signifikan yang telah terjadi sejak penerapan sistem ini. Detail implementasi dan manfaat yang diperoleh oleh masyarakat setempat menjadi sorotan utama, menciptakan gambaran konkret terkait dampak positif digitalisasi.

Acara ini mendapatkan apresiasi tinggi dari Sekretaris Camat Pancung Soal, Bapak Zulfahmi Yandra, S.TP. Beliau mengungkapkan rasa bangganya terhadap inisiatif dan kerja keras para penggiat SID dalam menggali potensi serta memperkuat kualitas pelayanan masyarakat melalui sistem informasi desa. Apresiasi ini menjadi dukungan nyata terhadap upaya peningkatan kualitas administrasi dan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Studi komparatif ini juga mencakup evaluasi terhadap implementasi SID di desa-desa yang ada di Kecamatan Pancung Soal, Sumatera Barat. Perbandingan antara dua lokasi memberikan perspektif yang berharga terkait adaptabilitas, tantangan, dan solusi yang dapat diadopsi dalam konteks SID. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan dan pembenahan SID di berbagai daerah, mendorong terciptanya sistem informasi desa yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Acara studi komparatif ini mencerminkan semangat kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar daerah, membuktikan bahwa penggiat SID memiliki peran strategis dalam mendorong transformasi positif melalui pemanfaatan teknologi informasi.