Usaha Maksimal Demi Capaian Terbaik Dalam Lomba Kalurahan

18 Maret 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 256 Kali
Usaha Maksimal Demi Capaian Terbaik Dalam Lomba Kalurahan

InfoPleret - Dalam rangka persiapan menghadapi Penilaian Lapangan Lomba Kalurahan tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2022, Pemerintah Kalurahan Pleret melaksanakan koordinasi dan persiapan  dengan menghadirkan nara sumber TA P3MD Kabupaten Bantul Bapak Slamet Nursanto dan Carik Sri Mulyo Mas Nurjie Jum'at (18/03).

Dalam kegiatan ini diberikan banyak arahan dari Bapak Slamet Nursanto, SH. dan Mas Nurjie yang telah berhasil membawa Sri Mulyo menjadi juara regional Lomba Desa se Jawa Bali.

Lomba Kalurahan yang telah sampai pada tahap 6 besar ini harus disiapkan secara maksimal, sehingga bisa membawa nama Pleret menjadi salah satu kalurahan terbaik dari beberapa kalurahan yang sudah lebih dulu maju di Kabupaten Bantul. Pleret sebagai desa digital kedepannya diharapkan bisa menyetuh seluruh aspek ketugasan di 5 bidang, baik Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan Bidang Kedaruratan.

Digitalisasi Pemerintahan dan Pelayanan juga sudah dilaksanakan di Kalurahan Pleret, diantaranya Layanan Mandiri Persuratan yang Suratnya langsung bisa di dowload dari rumah dengan tanda tangan digital lurah,  Database Kependudukan yang terintegrasi dengan Persuratan, otomatisasi Kode Persuratan, Sistem Presensi pamong yang terintegrasi dengan website kalurahan, Agenda kegiatan dan Disposisi yang terintegrasi dengan Website, WA dan Google Calendar, Sistem pencatatan Aset milik Kalurahan lengkap dengan kodenya, Peta Sebaran Covid, Peta Kewilayahan, Peta Rawan Bencana, Peta Potensi dan masih banyak lagi Inovasi berbasis IT yang sudah dilaksanakan.

Kalurahan Pleret sebagai Desa Digital tidak memerlukan banyak aplikasi yang kadang membingungkan, namun semua sudah terintegrasi di satu Sistem Informasi Kalurahan berupa website kalurahan yaitu ( PLERET.ID ).

Â