Cara Menanam Bawang Bombay Raksasa oleh PT Cap Panah Merah

01 November 2023
ringgasari
Dibaca 68 Kali
Cara Menanam Bawang Bombay Raksasa oleh PT Cap Panah Merah

infoPleret- Bertempat di Pendopo Kalurahan Pleret, Rabu (01/11) pukul13.30 WIB TP PKK Kalurahan Pleret mengadakan Sosialisasi "AKU HATINYA PKK". Hadir pada kesempatan ini, Ibu Ketua Pokja III Kabupaten Bantul Ibu Nelly Syukriani Zebua, S.Tr.Keb, S.H. beserta anggota Pokja III Kabupaten Bantul yang ikut hadir, Ibu Panewu Pleret, Ketua TP PKK Kalurahan Pleret Ibu Whestri Widajani, Pengurus TP PKK Kalurahan Pleret, Pokja III PKK Kalurahan Pleret, dan Ibu Ketua RT se Kalurahan Pleret.

Demi menyukseskan Lomba Program Pokja III "AKU HATINYA PKK" yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, maka dengan ini TP PKK Kalurahan Pleret bekerja sama dengan PT Cap Panah merah untuk menjadi narasumber mengenai cara menanam sayuran dan buah-buahan.

PT EAST WEST SEED INDONESIA (EWINDO) sendiri adalah perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia yang memiliki komitmen sebagai Sahabat Petani yang paling baik. EWINDO menghasilkan benih sayuran berkualitas terbaik melalui kegiatan pemuliaan tanaman yang didukung oleh teknologi yang canggih dan mumpuni untuk meningkatkan pendapatan petani.

Dalam pengembangan benih EWINDO menempatkan tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman di bidang pemuliaan tanaman dan perbenihan. Hasil penelitian dan pengembangan benih sayuran ini diproduksi, diproses dan dikemas serta dipasarkan untuk petani Indonesia dengan merek dagang CAP PANAH MERAH.

Lebih dari tiga dekade EWINDO selalu menyediakan benih yang sehat dengan kemurnian genetika tinggi serta daya kecambah yang baik untuk mendapatkan hasil yang tinggi sesuai dengan permintaan konsumen dan menjadi kunci sukses PETANI INDONESIA.

Cara menanam bawang bombay bisa dilakukan di pekarangan rumah. Namun, ketika menanam bawang bombay harus memperhatikan beberapa hal supaya dapat tumbuh subur.

Berikut merupakan cara menanam bawang bombay yang perlu diketahui agar tumbuh subur.

1. Memilih Waktu yang Tepat

Bawang bombay adalah jenis tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan subur jika terkena banyak air. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk menanam bawang bombay adalah pada saat musim kemarau.

2. Melakukan Persiapan

Terdapat beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum menanam bawang bombay. Salah satunya yaitu tentang lokasi penanaman.
 
Tempat penanaman bawang bombay harus terpapar sinar matahari secara langsung dengan suhu ideal 18 hingga 20 derajat celcius. Selain itu, tanah yang digunakan sebagai media tanam harus gembur dengan kandungan humus yang baik.

3. Mempersiapkan Bibit

Pastikan untuk menggunakan bibit yang berasal dari bawang bombay dengan ukuran besar dan mempunyai kualitas yang bagus. Setelah bibit mulai mengeluarkan tunas, kemudian lakukan penyemaian.
 
Caranya yaitu dengan menanam bibit ke tempat yang telah dipersiapkan sedalam 2 sampai 3 cm. Dalam tahap ini, bibit perlu disiram secara rutin hingga setinggi 5 sampai 10 cm.
 

4. Mempersiapkan Bedengan

Selanjutnya yaitu mempersiapkan bedengan. Bedengan yang bagus untuk menanam bawang bombay yaitu setebal 10 sampai 15 cm dengan lebar sekitar 1 m. Tanah harus ditutup dengan peneduh setidaknya 2 minggu sebelum penanaman bibit.
 

5. Menanam Bibit

Penanaman bibit bawang bombay perlu dilakukan dengan hati-hati. Potong bagian ujung umbi dan keringkan selama satu hari sebelum proses penanaman.
 
Apabila ingin menanam lebih dari satu bibit bawang bombay, maka berilah jarak sekitar 10 hingga 40 cm. Namun, jika terdapat lebih dari satu bedengan berilah jarak 25 sampai 40 cm.
 
Demikianlah cara menanam bawang bombay. Dengan memiliki tanaman bawang bombay sendiri di rumah, akan memudahkan ketika membutuhkannya.