Pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Posyandu Lansia dan Balita

02 Mei 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 398 Kali
Pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Posyandu Lansia dan Balita

infoPleret- Paket pemberian makan tambahan (PMT) didistribusikan kepada seluruh Posyandu Lansia dan Balita se Desa Pleret. Bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret pada hari Rabu (02/05). Pemberian ini dilakukan tujuannya untuk meningkatkan gizi Lansia dan Balita. Untuk jenis PMT sendiri, ada beragam jenis makanan, mulai dari biskuit dan makanan bergizi lainnya.

Pemberian Makanan Tambahan adalah program intervensi bagi balita yang menderita kurang gizi dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut. Sedangkan pengertian makanan untuk pemulihan gizi adalah makanan padat energi yang diperkaya dengan vitamin dan mineral, diberikan kepada balita gizi buruk selama masa pemulihan (Kemenkes RI, 2011).

Secara umum pemberian makanan tambahan bertujuan untuk memperbaiki keadaan gizi pada anak golongan rawan gizi yang menderita kurang gizi, dan diberikan dengan kriteria anak balita yang tiga kali berturut-turut tidak naik timbangannya serta yang berat badannya pada KMS terletak dibawah garis merah. Pemberian makanan tambahan juga memiliki tujuan untuk menambah energi dan zat gizi esensial. Sedangkan tujuan pemberian makanan tambahan (PMT) pemulihan pada bayi dan balita gizi buruk, antara untuk memberikan makanan tinggi energi, tinggi protein, dan cukup vitamin mineral secara bertahap, guna mencapai status gizi yang optimal.

 

 

(cyber)