Pembukaan Pameran dalam Rangka Perayaan Warisan Budaya Takbenda DIY

12 Oktober 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 195 Kali
Pembukaan Pameran dalam Rangka Perayaan Warisan Budaya Takbenda DIY

infoPleret- Pameran kebudayaan dalam rangka perayaan warisan budaya tak benda secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jum'at, 12 Oktober 2018. Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 WIB di GOR Balai Desa Pleret. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Camat Pleret, Kapolsek Pleret, Lurah beserta pamong Desa Pleret, serta tamu undangan.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed mengatakan, berkaitan dengan warisan budaya tak benda 37 ini kita harus melakukan uapaya-upaya dalam rangka untuk, mensosialisasikan agar masyarakat mengetahui selain dengan hal tersebut tentunya mengedukasi masyarakat dan untuk menambah nilai ekonomisnya.

Berbagai jenis kesenian dan kebudayaan di pajang dalam pameran tersebut, seperti lukisan-lukisan yang menjadi sejarah awal mula Desa Pleret yang dilukis oleh mahasiswa-mahasiswa Institut Seni Indonesia, ornamen-ornamen seperti gunungan dan replika masjid Kauman Pleret. Pengunjung juga dapat mengetahui cara membuat kain tenun secara langsung dikarenakan alat tenunnya turut serta dipajang dalam pameran tersebut. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Desa Pleret yang berkunjung ke pameran. (Cyber)