Workshop Literasi Media untuk Kaum Perempuan

05 Oktober 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 236 Kali
Workshop Literasi Media untuk Kaum Perempuan

infoPleret- Workshop Literasi Media yang diadakan oleh IDEA dan bekerjasama dengan Atma Connect dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Oktober 2018 di Rumah Budaya Tembi, Jl. Prangtritis Km. 8,4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan di era digital saat ini. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur IDEA, Ibu Ainun dari Paguyuban Kalijawi, Mas Adjie, sebagai Ketua SID Kabupaten Bantul serta lebih kurang 30 peserta workshop yang terdiri dari pengelola SID dari 5 Desa di Kabupaten Bantul, serta dari kelompok penggiat wanita.

Direktur IDEA sebagai fasilitator menyampaikan terkait dengan peran perempuan sebagai pembayar pajak, hak dan kewajiban warga negara, perempuan sebagai agen perubahan, dan perempuan dalam ekonomi kreatif desa. Selain itu, Ibu Ainun dan Mas Adjie, yang juga sebagai fasilitator memperkenalkan aplikasi baru yaitu Atmago serta penyusunan workplan untuk kedepannya.

Perkembangan literasi media semakin cepat saat ini. Hal ini di dukung oleh perkembangan teknologi yang semakin luas dan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, termasuk kelompok perempuan. Kondisi ini tidak serta merta memberikan dorongan yang kuat bagi kelompok perempuan untuk memanfaatkan media tersebut untuk kampanye isu-isu perempuan.

Hal ini terlihat dari masih terbatasnya berita/artikel secara khusus yang membahas kondisi eksisting kelompok perempuan dan jejaringnya. Partisipasi kelompok perempuan yang sejauh ini sudah banyak mewarnai kebijakan dan pembangunan di wilayah desa maupun di luar desa belum banyak di publikasikan. Sehingga sangat penting dan strategis bila kelompok perempuan mampu memproduksi berita/artikel terkait isu-isu perempuan dengan memanfaatkan media kampanye yang ada. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pemahaman kelompok perempuan tentang pentingnya literasi media untuk promosi isu perempuan. (Cyber)