Pasar Hewan Pleret telah Diresmikan oleh Bupati Bantul

16 Februari 2018
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 443 Kali
Pasar Hewan Pleret telah Diresmikan oleh Bupati Bantul

infoPleret- Bertempat di Pasar Semampir Desa Argorejo Sedayu, Rabu (14/02) secara resmi Bapak Bupati Bantul meresmikan 4 pasar yang berada di Kabupaten Bantul, yaitu Pasar Semampir Desa Argorejo Sedayu, Pasar Panasan Desa Srimulyo Piyungan, Pasar Janten Desa Ngestiharjo Kasihan dan Pasar Hewan Pleret Kecamatan Pleret.

Pembangunan empat pasar rakyat ini dilakukan tahun 2017 bersumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Total dana APBD yang dipakai berkisar Rp 4,8 M dan dari DAK senilai Rp 930 juta mayoritas untuk keperluan rehabilitasi.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul, Ketua Tim Penggerak PKK Bantul, Kepala DPRD Bantul Komisi B, Kepala OPD Bantul, Lurah Kecamatan Sedayu serta tamu undangan.

Acara diawali dengan hiburan campursari, tari golek ayun-ayun dan reog wayang orang.

Tujuan dari pembangunan pasar rakyat adalah untuk meningkatkan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli sehingga menghilangkan citra pasar rakyat yang kumuh menjadi pasar yang bersih dan nyaman.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul, Bapak Drs. H. Suharsono mengatakan bahwa indikasi keberhasilan pelaksanaan pembangunan suatu daerah dapat dilihat dari peningkatan perekonomian rakyat, tingkat pendidikan dan kualitas kesehatan. Untuk perekonomian bukti fisiknya adalah dengan adanya pembangunan pasar tradisional. "Oleh karena itu acara pagi hari ini merupakan suatu berkah bagi masyarakat Bantul dengan diresmikannya 4 pasar di wilayah Bantul," kata beliau.

Bupati Bantul juga mengharapkan agar nantinya pasar tradisional tidak kalah bersaing dengan pasar modern. Untuk itu Bupati berpesan agar masyarakat baik pedagang atau pembeli dapat selalu menjaga kebersihan pasar untuk menciptakan kenyamanan di pasar tradisional sehingga dapat meningkatkan antusias pembeli berbelanja di pasar.