SUMPAH JANJI Pengawas Pemilu Lapangan, Awali Prosesi Pesta Demokrasi

08 April 2018
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 238 Kali
SUMPAH JANJI Pengawas Pemilu Lapangan, Awali Prosesi Pesta Demokrasi

infoPleret-PPL Atau Bisa disebut dengan Pengawas Pemilu Lapangan adalah petugas pengawas pemilu di desa/kelurahan yang bertugas antara lain mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPS. Setiap desa diwakili satu orang PPL untuk membantu Panwascam dalam penyelenggaraan Pemilu. Tahapan pengisian lowongan PPL telah usai. Dari 15 pendaftar yang mengajukan, terpilih 5 orang untuk menjadi PPL dari tiap-tiap desa.

Bertempat di pendopo Kecamatan Pleret, diselenggarakan pelantikan dan sumpahjani PPL di lingkup kerja Panwascam Pleret, Sabtu 7 April 2018. Hadir pada kesempatan ini, Muspika Kecamatan Pleret, Camat Pleret, perwakilan dari masing-masing desa dan tokoh masyarakat. Pebngambilan sumpah dibacakan langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Pleret, Tadhorungin. Slamet Widodo, yang juga sebagai Anggota BPD aktif Desa Pleret, lolos dan terpilih sebagai PPL untuk wilayah kerja Desa Pleret.

Di tempat terpisah, Ketua Panwaslu Kecamatan Pleret Tadhorungin mengatakan, "Hasil tertinggi test pengisian PPL Kecamatan Pleret sebenarnya diraih oleh Iwan Alim S.P. dari Pleret, Tri Tunggal dari Wonolelo dan Adhi dari Bawuran. Namun karena mereka berstatus pamong desa, sesuai dengan aturan harus bersedia mengundurkan diri dari jabatannya".

"Namun karena yang bersangkutan tidak berkenan mengundurkan diri dari jabatannya, maka kami putuskan peringkat di bawahnya yang lolos sebagai PPL", imbuhnya.

 

(iw)