OLAHRAGA Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

30 Mei 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 189 Kali
OLAHRAGA Saat Berpuasa, Kenapa Tidak?

infoPleret- Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimana umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari, mulai awal terbitnya Fajar sampai terbenamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang dari 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Sehingga badan terasa lemas dan tidak bersemangat.

Pada umumnya bila seseorang merasakan lemas, lesu dan tidak bersemangat saat berpuasa merupakan hal biasa tapi biasakanlah untuk menempatkan waktu aktivitas untuk berolahraga. Karena berolahraga pada saat puasa itu banyak sekali manfaatnya dan sangatlah penting bagi tubuh yaitu seperti mengoptimalkan kinerja hormon. Perut yang kosong memicu perubahan hormon di dalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot serta pembakaran lemak lebih cepat.

Adapun inilah manfaat lain yang sangatlah penting dalam melakukan olahraga saat puasa

  • Mengusir Rasa Malas dan Mengantuk

Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja, yang penting ada aktivitas. Aktivitas fisik dan berolahraga dapat mengubah energi cadangan atau lemak tubuh menjadi glukosa yang akan mengusir rasa lesu, letih, malas, dan mengantuk.

  • Menurunkan Berat Badan

Tanpa olahraga, sebenarnya puasa justru akan menaikkan berat badan karena nafsu makan semakin tidak terkontrol saat berbuka puasa. Bagi seseorang yang mempunyai masalah berat badan, inilah saat yang tepat untuk menurunkannya. Berolahraga saat perut kosong adalah jawabannya. Pembakaran yang terjadi saat berolahraga adalah pembakaran energi cadangan yang berupa lemak tubuh. Seseorang bisa mendapatkan tubuh yang kencang dan ideal serta bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Berolahraga saat puasa dapat juga meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes lho. Manfaat yang sangatlah penting bukan.

  • Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar

Pengeluaran racun dalam tubuh atau detoksifikasi terjadi saat sistem pencernaan seseorang sedang bekerja. Hal ini akan menimbulkan ketidakmaksimalan detoksifikasi. Sedangkan saat puasa, sistem pencernaan seseorang sedang istirahat sehingga proses detoksifikasi semakin lancar. Berolahraga saat puasa akan melancarkan proses sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Sehingga proses pengeluaran racun berjalan dengan baik dan tubuh akan semakin sehat dan segar. Sumber : kompasiana.com