Pemberian Obat Cacing sebagai Upaya Pencegahan Pertumbuhan Cacing Pita

13 April 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 232 Kali
Pemberian Obat Cacing sebagai Upaya Pencegahan Pertumbuhan Cacing Pita

infoPleret- Kamis, 11 April 2019 bertempat di Rumah Dukuh Kedaton berlangsung kegiatan posyandu balita dan lansia. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya setiap tanggal 11. Sebanyak 68 balita dan 55 lansia antusias untuk melakukan penimbangan berat badan, dan cek kesehatan. Kegiatan seperti ini dirasa sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka saat ini, terlebih para lansia yang notabennya sangat perlu menjaga pola makan dan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan. Kegiatan posyandu berlangsung selama lebih kurang 2 jam, mulai pukul 10.00 WIB - pukul 12.00 WIB, yang didampingi langsung oleh Dukuh Kedaton, Bapak Suwardi dan Ibu Khotimah. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, 3 orang dari Puskesmas Pleret dan 2 orang dari Rumah Sakit Rajawali Citra. Bidan-bidan dari RS Rajawali Citra memang melakukan kerjasama dengan kader-kader di wilayah Kedaton, sehingga mereka datang rutin ke posyandu setiap bulannya untuk membantu kader-kader posyandu wilayah setempat .

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian obat cacing untuk anak-anak. Obat cacing diracik khusus untuk menghentikan pertumbuhan dan infeksi yang disebabkan oleh cacing pita. Cacing ini tinggal di usus anak dan bisa bertelur serta berkembang biak di dalam tubuh. 

Pemberian obat cacing dapat dimulai sejak anak usia 2 tahun. Hal ini, disebabkan karena pada anak usia 2 tahun sudah terjadi adanya kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing.

Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali. Sedangkan, untuk daerah non endemis pemberian obat cacing harus diberikan sesuai indikasi dan sesuai pemeriksaan dokter dengan hasil pemeriksaan tinja positif ditemukan telur cacing.