Menggapai Ridho Illahi dengan Birrul Walidain

28 April 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 308 Kali
Menggapai Ridho Illahi dengan Birrul Walidain

infoPleret- Birrul Walidain adalah bagian dalam etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti kepada kedua orang tua. Yang mana berbakti kepada orang tua ini hukumnya fardhu ain bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim. Dalam kesempatan kali ini, konteks birrul walidain adalah bagi mereka yang orang tuanya sudah meninggal.
Bertempat di serambi masjid Majrotul Fithroh Kedaton Kidul, takmir masjid dibantu warga masyarakat mengadakan pengajian bertajuk dengan birrul walidain, menggapai ridho illahi, Kamis (25/04/2019).
Tausyah pada kegiatan ini diberikan oleh Al Ustad Harpiyanto, dari Yogyakarta. Dalam mau'idoh hasanahnya, beliau menyampaikan beberapa point penting yang harus dilakukan seseorang sebagai bukti nyata berbuat baik kepada orang tua. Yang harus dilakukan anak terhadap orang tua yang sudah meninggal, antara lain
1. Meminta ampun kepada Allah ‘Azza wa Jalla dengan taubat nashuha, untuk semua kesalahan kita kepada keduanya di waktu mereka masih hidup.
2. Menshalatkannya dan mengantarkan jenazahnya ke kubur.
3. Selalu memintakan ampunan untuk keduanya.
4. Membayarkan hutang-hutangnya.
5. Melaksanakan wasiat sesuai dengan syari’at.
6. Menyambung silaturrahim kepada orang yang keduanya juga pernah menyambungnya.
Kegiatan ini diikuti oleh hampir selurah warga masyarakat Kedaton Kidul. Selain tausiyah dari ustad Harpiyanto, juga di isi dengan pembacaan kalimat thayibah dzikir tahlil yang di pimpin oleh Ustad Jawazi, pengasuh TPA Tarbiyatun Nufus, Kedaton. (iw)