Pengolahan Sampah Plastik dengan Mesin Cacah

14 Oktober 2020
Tita Suwening Apriani
Dibaca 208 Kali
Pengolahan Sampah Plastik dengan Mesin Cacah

infoPleret- Limbah plastik sangat mudah ditemui disekitar kita. Jenis limbah ini harus diolah kembali agar tidak menjadi benda yang sulit diuraikan. Seperti yang kita tahu, plastik akan memakan waktu yang sangat lama agar dapat diurai di dalam tanah. Tentunya hal ini tidak baik untuk lingkungan. Maka dari itu, pengolahan limbah plastik harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak mencemari lingkungan.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya mengolah sampah plastik dengan baik. Bahkan penggunaannya pun masih terus bertambah. Apalagi banyak juga orang yang terbiasa membuang sampah sembarangan dan memiliki kebiasaan untuk membakar sampah yang menumpuk. Sehingga asapnya berpengaruh buruk pada kesehatan. Tujuan dikelolanya sampah plastik ini adalah untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang terus menumpuk.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dalam mengolah sampah plastik yang dilansir dari Survey Indeks Perilaku Ketidak pedulian Lingkungan Hidup, agar lebih bermanfaat dan tidak membahayakan lingkungan:

  1. Mendaur Ulang Sampah Plastik

Ada banyak jenis sampah anorganik yang masih bisa didaur ulang atau digunakan kembali. Contohnya sampah berbahan dasar plastik yang terdapat pada botol plastik misalnya, yang bisa dijadikan benda yang lebih berguna. Atau jenis sampah plastik terbuka yang apabila dihancurkan malah akan menjadi biji plastik. Jika bingung mau dijadikan apa, maka Anda bisa mengirimkannya ke Bank Sampah yang ada di lingkungan sekitar Anda.

  1. Memilih Sampah Plastik Berdasarkan Jenisnya

Beragam jenis sampah yang berbahan dasar plastik biasanya berupa gelas plastik, bungkus makanan/minuman kemasan, sedotan dan sebagainya. Sebelum mengolahnya sendiri, Anda bisa memilih jenis plastik berdasarkan jenis-jenisnya. Hal itu akan memudahkan Anda dalam mengolah sampah itu kembali di kemudian hari.

  1. Membersihkan Plastik dari Kontainer yang Lainnya

Apabila jenis sampah plastik seperti botol minum mempunyai label yang terdapat stiker/kertas di botolnya, maka sebaiknya Anda membersihkan bahan tersebut dari botol. Cukup dengan dicuci sampai bersih atau mengeriknya dengan memakai cutter. Untuk jenis botol berbahan plastik yang memiliki rongga harus dipress terlebih dulu. Atau bisa juga hanya dengan diinjak dengan cara manual.

  1. Memakai Mesin Pencacah Plastik

Sistem pengolahan limbah plastik atau mesin penghancurnya memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk menghancurkan plastik hingga akhirnya menjadi serbuk yang teksturnya kasar. Pisahkan serpihan tersebut baik yang terapung/tenggelam. Setelah itu hancurkan lagi dengan mesin sampai meleleh. Sampah plastik tersebut nantinya hanya akan berupa biji plastik.

  1. Mengolah Sampah Plastik dengan Menggunakan Bank Sampah

Kini Bank Sampah sudah mulai populer di masyarakat umum. Bank Sampah sudah bisa ditemukan di beberapa wilayah pada kota-kota tertentu di Indonesia. Di sana, sampah-sampah plastik akan diolah kembali dengan memakai konsep daur ulang. Sampah itu juga akan ditabung dan bisa ditukarkan dengan uang. Seluruh sampah yang dikirim ke sana akan dicatat di buku laporan khusus.

Proses pengolahan limbah juga terbilang penting agar tidak membahayakan untuk kesehatan tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat adanya pencemaran dari sampah adalah seperti diare, demam berdarah, dan sebagainya. Jika sudah begitu, berkonsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik untuk menyembuhkan berbagai penyakit tersebut.

Itulah beberapa proses pengelolaan limbah plastik yang benar. Dimulai dari proses memilah limbah menjadi beberapa jenis, kemudian mencacah limbah tersebut, dan mengolahnya kembali menjadi benda lain yang lebih bermanfaat. Dengan proses pengolahan limbah yang baik dan benar, maka limbah tidak akan mencemari lingkungan.