Museum Purbakala Pleret

01 Mei 2021
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 860 Kali
Museum Purbakala Pleret

Museum Sejarah Purbakala Pleret adalah salah satu museum yang berada di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Museum Sejarah Purbakala Pleret yang berada di Dusun Kedaton ini menyimpan benda cagar budaya yang sebelumnya ditemukan di sekitar Kabupaten Bantul. Terdapat sekitar 50 an benda benda peninggalan sejarah masa lampau mulai dari arca, stupa, dan lain lain.[1]

Lokasi Museum Sejarah Purbakala Pleret memang agak jauh dari Yogyakarta dan tidak banyak diekspose, sehingga dibanding dengan museum museum yang lain, museum ini jarang dikunjungi. Namun demikian selayaknya museum ini mendapat perhatian dari semua karena akan menjadi pelajaran bagi anak cucu untuk mengenal sejarah masa lampau. Koleksi benda yang ada di Museum Sejarah Purbakala Pleret banyak berasal dari Candi Gampingan dan Situs Payak namun juga ada dari beberapa pinjaman museum lain.

Salah satu lokasi di Museum Sejarah Purbakala Pleret yang menarik perhatian adalah adanya sebuah sumur berwarna merah muda di mana oleh warga sekitar disebut dengan Sumur Gumuling. Konon apabila kita menggunakan air sumur ini, buat yang belum punya jodoh bisa cepat dapat jodoh.

Untuk mencapai Museum Sejarah Purbakala Pleret, anda bisa melewati Jalan Imogiri Timur keselatan sampai perempatan Wonokromo belok ke timur/kiri terus kira kira 1 KM menuju Museum Sejarah Purbakala Pleret.

LOKASI:

VIDEO