Menu Olahan Made In Kalurahan Pleret

11 Januari 2022
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 519 Kali
Menu Olahan Made In Kalurahan Pleret

 

Informasi Menu Kalurahan Pleret

 

1. Sate Kambing ( Klathak dan Kecap )

Sate klatak adalah sebuah hidangan sate kambing asal Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dalam Bahasa Jawa, kegiatan membakar sate di pembakaran terbuka disebut "klathak". Sate ini sangat berbeda dari ragam sate lainnya, yang biasanya memakai garam dan lada sebagai bumbu utamanya.

Peternakan Kandang Ahimsa

Breding Domba

Alamat : Kedaton RT 4, Pleret, Pleret, Bantul

Pemilik : Iwan Alim

Jenis : Domba Lokal/Campuran

Metode : Kandang Terkoleksi

Jenis Pakan : Fermentasi Rumput

 

 

 

2. Nila Asam Manis

Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Termasuk di kalurahan Pleret, budidaya ikan Nila terdapat di beberapa tempat salah satunya di Padukuhan Bedukan. Sentra peternakan NITI REJEKI membudidayakan ikan air tawar dan membuat pelet secara manual. Dalam 100 gram ikan nila, terdapat sekitar 128 kalori, 0 gram karbohidrat, 26 gram protein, 3 gram lemak, serta sejumlah vitamin B3, B12, kalium, fosfor, serta selenium.

3. Bobor Kelor

Daun kelor dikenal mengandung banyak vitamin C, A, kalsium dan protein. Manfaatnya bagi kesehatan seperti membantu menyehatkan kulit, mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan anti kanker. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) pernah menyatakan, manfaat kelor bagi kesehatan sangat banyak, sehingga dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai lansia. Sayur ini merupakan cita rasa rumahan dan dapat ditemukan di rumah pengurus PKK.

 

4. Tahu Bacem

Adalah menu rumahan yang produksinya bisa di temukan di Padukuhan Gunungan Kalurahan Pleret. Dalam 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat dan 0,1 gram serat. Satu potong tahu bacem seberat 50 gram mengandung kalori sebesar 29,5 kkal. Salah satu usaha pembuatan tahu di Padukuhan Gunungan dimiliki oleh Bpk Mulyono yang berlokasi di Gunungan RT 01. 

Nama pemilik : Suyarti

Lokasi : Gondowulung RT 01 Gunungan, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Dalam sehari kurang lebih 25 kg kedelai yang diolah terbagi menjadi 16 kg kedelei yg diolah menjadi tahu, dan 8 kg kedelai yang diolah menjadi tempe. Dalam pengolahan tahu dibantu oleh 1 orang. Tahu dan tempe langsung di per jualbelikan sendiri di Pasar Pleret dan Pasar Jejeran.

 

5. Gudangan

Gudangan adalah makanan yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa parut. Gudangan sering dijadikan sebagai hidangan untuk hajatan tertentu oleh masyarakat seperti syukuran, selapanan dan selamatan. Gudangan tak seperti sayur pada umumnya yang hanya terdiri satu macam sayur saja, tetapi gudangan bisa beraneka ragam bahan sayuran sesuai dengan selera kita masing-masing dan sayuran ini bisa ditemukan di KWT PUSPA GEMARI yang diketuai oleh Fatimah Sa'diyah, S.P dan berlokasi di Kedaton RT 01 Pleret Pleret Bantul.

 

 

6. Rambak/Krecek

Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit daging sapi atau kerbau. Kulit sapi yang digunakan untuk membuat kerupuk rambat harus dibersihkan dan dijemur terlebih dahulu.

Di Kalurahan Pleret terdapat beberapa peternak sapi salah satunya Peternakan Niti Rejeki dan warga Gunungan Bapak Samsudin yang membuat Rambak Kulit Sapi dan berlokasi di Gunungan RT 004 Pleret.

 

 

 

7. Buah

Buah Pisang, Pepaya dan Mangga.

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Begitu banyak kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta vitamin lainnya, serat, kalsium, folat, potasium, dan magnesium. Seluruh nutrisi ini sangat baik untuk tubuh dan bisa memberi manfaat yang menyehatkan.

Buah mangga potong atau sekitar 165 gram mengandung nutrisi sebagai berikut: Kalori: 99 kal Protein: 1 gram Karbohidrat: 24,7 gram Lemak: 0,6 gram Serat: 2,6 gram Tembaga: 20 persen kebutuhan harian Folat: 18 persen kebutuhan harian Niasin: 7 persen kebutuhan harian Vitamin C: 60 miligram atau setara 67 persen kebutuhan harian Vitamin A: 10 persen kebutuhan harian Vitamin E: 9,7 persen kebutuhan harian Vitamin B5: 6,5 persen kebutuhan harian Mineral lainnya, seperti potasium, riboflavin, mangan, tiamin, dan magnesium.

Dan buah-buahan ini dapat ditemukan di rumah-rumah warga.

 

8. Banew

Banew merupakan air minum dalam kemasan milik PDAM Kabupaten Bantul.