Study Banding Digitalisasi Pemerintahan Desa dari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang

23 Oktober 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 275 Kali
Study Banding Digitalisasi Pemerintahan Desa dari Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang

InfoPleret - Minggu, 23 Oktober 2022 bertempat di Ruang Pertemuan Kapanewon Pleret, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menerima tamu Kunjungan Kerja/Studi tiru tentang Digitalisasi pelayanan publik dan inovasi reformasi birokrasi pemerintahan kalurahan dari 9 desa se-Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. 

Rombongan peserta dari Kecamatan Bancak yang berjumlah 60 orang tiba di kalurahan Pleret pada pukul 10.30 WIB langsung melihat kondisi Gerbang Pleret yang rencana akan dikembangkan sebagai pusat informasi wisata di kalurahan pleret. Rombongan dipimpin langsung oleh Camat Bancak Bapak Sugeng, SE yang didampingi oleh sekcam, kasubbag,  dan kasienya serta Lurah beserta carik dan staf IT desa se Kecamatan Bancak.

Lurah pleret menyampaikan berbagai macam inovasi yang diterapkan di pemerintahan kalurahan pleret diantaranya tentang inovasi layanan dengan tanda tangan elektronik (TTE), inovasi presensi perangkat desa, persuratan dan disposisi online serta berbagai macam inovasi basis data (database) yang terintegrasi dan pendataan online dengan barcode yang ada di setiap rumah warga.

Dalam kesempatan ini lurah pleret berharap bila ada inovasi yang bermanfaat bisa diduplikasi dan diterapkan di kalurahan-kalurahan lain, karena dengan adanya digitalisasi sistem pemerintahan akan sangat membantu kinerja pamong kalurahan serta dapat mewujudkan transparansi kegiatan dan keuangan pemerintah kalurahan kepada masyarakat luas.

Desa digital bukanlah tujuan utama, tapi merupakan tools untuk mempercepat proses kemajuan suatu desa. Semua tidak lepas dari Sumber Daya Manusia serta kesungguhan lurah beserta pamong dan masyarakatnya untuk berkomitmen memajukan desa bersama-sama.