UMKM

KH. Aslam Ridlo Buka Gebyar Pameran Wirausaha di Gerbang Pleret

27 November 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 78 Kali
KH. Aslam Ridlo Buka Gebyar Pameran Wirausaha di Gerbang Pleret

InfoPleret - Inisiasi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop-UKM) DIY melalui berbagai cara. Tidak terpaku hanya pada peningkatan kapasitas SDM dan kualitas produk, Dinkop-UKM DIY juga bersinergi dengan berbagai pihak dalam mewadahi UKM, khususnya terkait dengan pemasaran. Salah satunya melalui kegiatan Gebyar Pameran Wirausaha Pleret di Gerbang Pleret, yang di buka oleh Anggota DPRD DIY KH. Aslam Ridlo Sabtu (26/11/2022).

Pada kesempatan ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. juga menyampaikan bahwa pleret memiliki potensi yang luar biasa dari aspek sejarah, budaya, pariwisata, hingga wirausaha. Digelarnya event gebyar pameran kewirausahaan ini yang akan ditumbuhkan bersama, nanti akan kelihatan puzzle-puzzle yang harus diisi, kami urai. Sebetulnya pemerintah kalurahan dan masyarakat pleret sudah mulai faham apa yang harus ditangani bersama," ucap lurah pleret.

Melalui Gebyar Pameran Wirausaha di gerbang pleret, pihaknya bisa mengetahui apa saja aspek yang sudah jalan tanpa perlu intervensi dari dinas. Tetapi mungkin ada yang belum bisa dijangkau masyarakat, kebijakan atau wilayah mereka, maka perlu peran dari Dinas terkait (Dinkop-UKM). Sehingga ajang ini bisa untuk menggali berbagai potensi kewirausahaan dan UKM yang ada di Pleret.

Dinkop-UKM DIY akan mendorong pelaku UKM dari informal ke formal. Sehingga dinas akan melakukan pendampingan terkait dengan hal tersebut. produknya perlu legalitas tidak, kalau memang produknya ini, dalam arti mungkin lebih dari satu pekan ini kan harus PIRT. Tapi ada yang tidak perlu PIRT namun bagaimana mengolah produknya ini sesuai dengan standar yang ada.

Di sisi lain peran pihak ketiga juga dapat membantu pengembangan dan pemasaran produk dari UKM seperti, pemasaran melalui Si-Bakul, eksportir atau jasa kirim barang melalui Grab, karena kapasitas dari UKM ini perlu ada pemasaran. Tidak hanya di sini bisa ke luar daerah, maka perlu logistik.

Acara ini juga dimeriahkan berbagai kesenian tari, musik dan senam untuk lebih menarik kedatangan para pengunjung yang ada di seputaran pleret pada khususnya dan masyarakat bantul pada umumnya.

Semoga dengan diadakannya Gebyar Pameran Wirausaha ini dapat meningkatkan level UKM di Pleret dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat secara lebih luas lagi.

#dinkopukmdiy

#umkmpleret

#desapreneur

#pleretheritageofmataram

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image