Jelajah Kawasan Cagar Budaya Kerto-Pleret

28 November 2022
ringgasari
Dibaca 207 Kali
Jelajah Kawasan Cagar Budaya Kerto-Pleret

infoPleret - Senin (28/11/2022) bertempat di Gerbang Pleret Dinas Kebudayaan (Kundha kabudayan) DIY menyelenggarakan sebuah festival di Gerbang pleret yang dinamakan "Festival Poros Mataram".

Kegiatan ini dikemas dalam acara Jelajah Situs Kawasan Cagar Budaya di ketiga Kawasan Cagar Budaya (Kotagede-Pleret-Imogiri) yang diikuti oleh pelajar dan masyarakat sekitar untuk membangun kesadaran dalam menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Kawasan Poros Mataram mengingat masyarakat merupakan pendukung yang akan menjaga keberlangsungan objek cagar budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pleret sebagai titik puncak kejayaan kerajaan Mataram dan Imogiri sebagai tempat peristirahatan raja sedangkan Kota Gede sebagai awal berdirinya kerajaan mataram islam.

Untuk jelajah di kawasan pleret sendiri meliputi  situs cagar budaya Kerta yang dulu merupakan siti inggil kraton kerta era Sultan Agung Hanyokrokusumo, situs kedaton (benteng mataram) di lokasi Taman Benteng Mataram yang merupakan bekas benteng kerajaan mataram islam, museum pleret, dan situs masjid kauman era pemerintahan Raja Amangkurat Agung penguasa Kraton Plered.

Dengan banyaknya even jelajah situs ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan ekonomi yang tumbuh di sekitar cagar budaya baik warung makan, warung souvernir, kolam renang, kuliner dan lain sebagainya.

#gerbangpleret

#pleretheritageofmataram