Berita

Musrenbangkal Penyusunan RKPKal Tahun 2023

28 September 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 77 Kali
Musrenbangkal Penyusunan RKPKal Tahun 2023

Info Pleret - Siklus perencanaan tahunan Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret telah mencapai tahap akhir kegiatan dengan diselenggarakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) pada Rabu (28/09) dalam rangka penyusunan dokumen RKPKal Tahun 2023.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Pendopo Balai Kalurahan Pleret tersebut dihadiri Lurah selaku pengundang, Panewu Kapanewon Pleret, Tim Verifikasi, Bamuskal, Tim Penyusun RKPKal, Pamong, perwakilan Lembaga/Kelompok, RT, Kader Kesehatan, Pendamping Desa, dan Tokoh masyarakat. Perumusan kegiatan tersebut berdasarkan usulan di Muskal pada pertengahan bulan juni yang lalu dan telah diolah dan di-RAB-kan oleh Tim Penyusun RKPKal.

Setelah matriks rancangan dipresentasikan oleh Lurah Pleret Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., selaku pembina tim RKPKal, forum diberikan kesempatan untuk menanggapi dan menyetujui rancangan RKPKal 2023 dan DURKP usulan tahun 2024 yang akan di bawa ke musrenbang Kapanewon.

Selanjutnya Carik Pleret Iwan Alim Sunu Purwoko, SP. memimpin acara diskusi dan tanggapan dari peserta musrenbangkal, Dalam forum tanggapan dan tanya jawab ini beberapa peserta musrenbangkal mengajukan beberapa pertanyaan dan konfirmasi usulan. Secara umum seluruh peserta dapat menyepakati apa yang sudah disampaikan, dipaparkan serta ada sedikit tambahan usulan untuk masik di DURKP. Hasil tersebut nantinya akan disepakati bersama oleh Lurah dan Bamuskal dalam rapat paripurna sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Kalurahan.

Dan di sesi akhir disepakati pula personil delegasi yang akan ditugaskan mengawal usulan DURKP di tingkat kapanewon, delegasi itu antara lain Iwan Alim Sunu Purwoko, SP (Carik), Drs. Slamet Widodo (Bamuskal), Muh. Muknisun (LPMKal), Bintar Suprapdiyono (Kaur Perencanaan), dan Irfani Andhi H. (Ulu-ulu).

Kegiatan dalam RKPKal nantinya akan dibiayai melalui APBKal Pleret yang maksimal harus tersusun di akhir tahun 2022 dan berlaku sepanjang tahun 2023. Selain itu juga ada kemungkinan perubahan bila diperlukan. Untuk delegasi yang akan membawa usulan DURKP dan mewakili di musrenbang kapanewon akan disepakati lagi dilain waktu.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image