Berita

Kalurahan Pleret Wakili DIY Maju Lomba Desa Tingkat Nasional

07 September 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 129 Kali
Kalurahan Pleret Wakili DIY Maju Lomba Desa Tingkat Nasional

InfoPleret – Masuk enam besar lomba desa / kalurahan tingkat nasional regional II, Pemerintah Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul,  yang menjadi wakil Provinsi DIY mengikuti tahapan pemaparan langsung di hadapan tim penilai Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta pada Selasa (6/9).

Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. hadir didampingi langsung oleh Kepala Biro Bina Bermas DIY Dr. Sukamto, MH. melakukan pemaparan tentang perkembangan kalurahan pleret dalam kurun waktu tahun 2021 s.d. 2022 selama kurang lebih 1 jam dihadapan tim penilai.

Selain itu, juga hadir ketua TP PKK kalurahan pleret Ibu Whestri Widajani, SE, sekretaris Bamuskal pleret Marwanto, SE., serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul, Bapak Kurniantara, MSi.

Peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui layanan mandiri, Inovasi Birokrasi Pemerintahan Kalurahan dan transparansi anggaran di satu website Sistem Informasi Kalurahan (SIK) yang dikembangkan oleh Pemerintah Kalurahan Pleret, menjadi salah satu unggulan yang dipresentasikan. Selain itu juga Kalurahan Pleret yang mengusung label Desa Digital menjadi hal yang menarik bagi para tim penilai.

Kalurahan Pleret yang berpenduduk kurang lebih 14.000 jiwa ini juga telah berhasil menerapkan satinasi total berbasis masyarakat (STBM). Bahkan memastikan tidak ada anak stunting di wilayah kalurahan yang berada wilayah kabupaten Bantul atau istilah kerennya zerro stunting.

Lurah pleret sangat optimis untuk bisa masuk 3 besar dalam pemaparan ini dan masuk dalam tahapan selanjutnya yaitu visitasi dari tim penilai. Diharapkan Juara 1 tingkat nasional bisa diraih dan akan menjadikan Kalurahan Pleret sebagai lab site serta pusat study dari desa-desa di wilayah lain, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pleret secara menyeluruh.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image