Kunjungan Majelis Pertimbangan Kelitbangan Kabupaten Muara Enim di Desa Digital Kalurahan Pleret

23 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 61 Kali
Kunjungan Majelis Pertimbangan Kelitbangan Kabupaten Muara Enim di Desa Digital Kalurahan Pleret

Bantul - Senin, 23 Oktober 2023, Desa Digital Kalurahan Pleret di Kabupaten Bantul menerima kunjungan istimewa dari Majelis Pertimbangan Kelitbangan (MPK) Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Rombongan MPK Muara Enim dipimpin oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Muara Enim, Bapak Tarmidzi Ismail, SE, M.Si. Mereka tiba dengan tujuan untuk mempelajari reformasi birokrasi di kalurahan dan penerapan teknologi informasi di Desa Digital Pleret.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya MPK Muara Enim untuk mendapatkan inspirasi dari berbagai daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memajukan pembangunan di wilayah mereka. Desa Digital Kalurahan Pleret telah dikenal sebagai contoh sukses dalam hal penerapan teknologi informasi dan reformasi birokrasi di tingkat desa.

Kepala Balitbangda Kabupaten Muara Enim, Bapak Tarmidzi Ismail, SE, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. Ia juga menyatakan bahwa tujuan kunjungan mereka adalah untuk memperoleh wawasan lebih lanjut tentang upaya yang telah dilakukan oleh Desa Digital Pleret dalam menerapkan teknologi informasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs, dalam paparannya, menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil oleh kalurahan untuk meningkatkan pelayanan publik melalui penerapan teknologi informasi. Desa Digital Pleret telah meluncurkan berbagai inovasi, termasuk sistem informasi desa, layanan online untuk administrasi kependudukan, layanan kesehatan, dan pendidikan. Dalam paparannya, Lurah Taufiq Kamal menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan Desa Digital.

Pertemuan tersebut juga menjadi ajang tukar pengalaman antara kedua belah pihak. Para anggota MPK Muara Enim aktif bertanya dan berdiskusi dengan tim Desa Digital Pleret tentang kendala, tantangan, dan manfaat yang mereka alami selama proses implementasi teknologi informasi di kalurahan mereka.

Kunjungan ini diharapkan akan memberikan inspirasi dan panduan yang berharga bagi Kabupaten Muara Enim dalam upaya mereka untuk menerapkan reformasi birokrasi dan teknologi informasi di tingkat desa. Hal ini juga menjadi contoh nyata kolaborasi antar-daerah yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memajukan pembangunan di seluruh Indonesia.