Kunjungan Orientasi Lapangan TP.PKK dan Kader Posyandu Desa Selat Kecamatan Abiansemal

24 Oktober 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 53 Kali
Kunjungan Orientasi Lapangan TP.PKK dan Kader Posyandu Desa Selat Kecamatan Abiansemal

Pleret, Bantul - Selasa 24 Oktober 2023, Desa Selat, yang terletak di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, mengirimkan rombongan kunjungan orientasi lapangan ke Desa Digital Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Selat, I Made Semawan, SH, dengan tujuan untuk memperkuat kapasitas Tim Penggerak PKK (TP. PKK) dan Kader Posyandu Desa Selat.

Kunjungan ini bertujuan untuk memahami praktik terbaik yang telah diimplementasikan di Desa Digital Kalurahan Pleret dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan. Desa Digital Kalurahan Pleret telah menjadi contoh sukses dalam menerapkan digitalisasi dalam pemerintahan desa.

Pada kesempatan ini, Bapak Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., yang menjabat sebagai Lurah Pleret, juga ikut memberikan materi tentang digitalisasi pemerintahan desa. Beliau berbagi pengetahuannya tentang bagaimana digitalisasi dapat mempermudah proses administrasi desa, meningkatkan transparansi, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga desa.

Selain itu, Ibu Sumiyanti, sebagai narasumber kedua, memberikan materi tentang 10 Program Pokok PKK dan kegiatan Posyandu yang dijalankan di Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Program-program tersebut melibatkan masyarakat secara aktif dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, terutama dalam hal kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Kunjungan ini menjadi salah satu bentuk kerja sama antara desa-desa dalam upaya saling berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk kemajuan bersama. Rombongan dari Desa Selat diharapkan dapat membawa pulang wawasan dan keterampilan baru yang mereka peroleh selama kunjungan ini, guna meningkatkan kualitas pelayanan di desa mereka sendiri.

I Made Semawan, SH, Perbekel Desa Selat, menyatakan, "Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Desa Digital Kalurahan Pleret. Kunjungan ini telah memberikan kami wawasan yang berharga, dan kami berharap dapat mengimplementasikan pengetahuan ini di Desa Selat, Badung."

Kegiatan kunjungan orientasi lapangan seperti ini menjadi langkah yang positif dalam memajukan pemerintahan desa, mengembangkan kapasitas TP. PKK dan Kader Posyandu, serta memperkuat kerja sama antar desa. Semoga dengan pertukaran pengetahuan ini, masyarakat di kedua daerah dapat mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam upaya mencapai kesejahteraan dan kesehatan yang lebih baik.