TPA Ar Rahmat Tambalan Gerjen Memperkenalkan Peninggalan Sejarah Mataram Islam di Kalurahan Pleret

12 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 98 Kali
TPA Ar Rahmat Tambalan Gerjen Memperkenalkan Peninggalan Sejarah Mataram Islam di Kalurahan Pleret

InfoWisataPleret - Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) Ar Rahmat Tambalan-Gerjen telah mengadakan kegiatan wisata santri yang penuh makna pada Sabtu, 11 November 2023. Rombongan yang dipimpin oleh Pimpinan Pengelola TPA Ar-Rahmat, Bapak Supoyo, menjelajahi sejarah Kerajaan Mataram Islam di Kalurahan Pleret, Kabupaten Bantul.

Perjalanan dimulai dengan mengelilingi berbagai situs bersejarah, termasuk Situs Kerto yang menjadi saksi bisu kejayaan Sultan Agung Hanyokro Kusumo masa lalu. Santri-satri TPA Ar-Rahmat juga mengunjungi Situs Masjid Kauman, tempat bersejarah yang menyimpan jejak kehidupan masyarakat pada masa Kerajaan Mataram Islam.

Situs Makam Ratu Malang Gunungkelir menjadi destinasi berikutnya, memperkenalkan santri pada pemakaman ratu malang dan dalang panjang mas yang juga masuk dalam sejarah Mataram era kekuasaan Amangkurat Agung. Keberangkatan dilanjutkan menuju Museum Pleret, tempat yang memajang kekayaan koleksi artefak sejarah, memberikan wawasan mendalam tentang perjalanan panjang kerajaan tersebut.

Gerbang Pleret menjadi salah satu saksi perpindahan waktu, menghubungkan cerita masa lalu dan semangat generasi era sekarang. Rombongan juga mengunjungi berbagai situs peninggalan sejarah Mataram di Kalurahan Pleret, memperdalam pemahaman mereka tentang warisan berharga yang dimiliki wilayah ini.

Penting untuk dicatat bahwa kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari Pemerintah Kalurahan Pleret, terutama melalui Kamituwa Bapak Anang Jatmiko, yang juga menjabat sebagai Pengurus Badan Pengelola Kawasan Cagar Budaya (BPKCB) Kerta-Plered. Apresiasi ini menandakan dukungan penuh terhadap upaya memperkenalkan sejarah dan warisan budaya kepada generasi muda melalui kegiatan edukatif yang diinisiasi oleh TPA Ar Rahmat.