Kunjungan Carik dan Penggiat SID Se-Kapanewon Pengasih Kulon Progo di Desa Digital Pleret

15 November 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 72 Kali
Kunjungan Carik dan Penggiat SID Se-Kapanewon Pengasih Kulon Progo di Desa Digital Pleret

InfoPleret, - Rombongan Carik dan Penggiat Sistem Informasi Desa (SID) dari berbagai Kalurahan di Kapanewon Pengasih Kulon Progo berkumpul di Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul pada Selasa, 14 November 2023. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendiskusikan serta merumuskan strategi penerapan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Desa (SID) di wilayah tersebut.

Acara ini diselenggarakan dengan kerjasama antara Kalurahan Pleret dan para penggiat SID dari berbagai Kalurahan di Kapanewon Pengasih, sebagai langkah nyata untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di tingkat desa. Rombongan ini diterima oleh Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S. Kom., M. Cs., yang tidak hanya menyambut hangat tamu-tamu tersebut tetapi juga menjadi narasumber kunci pada acara tersebut.

Taufiq Kamal memberikan wawasan mendalam mengenai implementasi SID di Kalurahan Pleret. Beliau berbagi pengalaman tentang manfaat positif yang telah diperoleh sejak penerapan SID dimulai. "Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Desa telah membantu mempermudah berbagai proses administratif di tingkat desa, mulai dari manajemen data penduduk hingga pelaporan keuangan desa," ungkap Taufiq Kamal.

Pertemuan ini juga menjadi ajang bertukar pengalaman antara para Carik dan Penggiat SID. Mereka saling berbagi ide dan solusi terkait tantangan yang dihadapi dalam menerapkan teknologi informasi di desa-desa mereka. Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan kerangka kerja bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan di tingkat desa.

Kegiatan kunjungan ini mencerminkan semangat kolaborasi dan sinergi antara berbagai pihak dalam memajukan penerapan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Desa di wilayah Bantul. Pihak Kalurahan Pleret berharap bahwa hasil dari pertemuan ini dapat menjadi landasan untuk implementasi SID yang lebih luas dan terintegrasi di seluruh Kabupaten Bantul.