Pentas Perdana Kelompok Seni Karawitan "Mulyo Laras", Disaksikan Oleh Bapak Wakil Bupati Bantul

20 Februari 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 413 Kali
Pentas Perdana Kelompok Seni Karawitan

Info Pleret. Kelompok Seni Karawitan "Mulyo Laras" Padukuhan Gunungan menyelenggarakan pentas perdana karawitan sekaligus launching pada hari Sabtu tanggal 18 Februari 2023 jam 20.00 WIB di Pendopo Bapak Icuk Haryanto. Hadir dalam acara pentas tersebut Kamituwa Kalurahan Pleret, Dukuh Gunungan, Pengurus Pokdarwis, Pengurus Desa Wisata, Pengurus Rintisan Desa Budaya Kalurahan Pleret, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Padukuhan Gunungan. Dan yang sangat membanggakan berkenan hadir dan menyaksikan  acara pentas tersebut Wakil Bupati Bantul Bapak Joko Purnomo dan pengurus PDIP Bantul. 

Dalam sambutannya Dukuh Gunungan Bapak Suprihatin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga pentas perdana sekaligus launching karawitan Mulyo Laras dapat terselenggara dengan baik. Sedangkan Kamituwa Pleret Bapak Anang Jatmiko mewakili Lurah Pleret meyampaikan rasa bangga di Padukuhan Gunungan ada seni karawitan Mulyo Laras yang anggotanya sebagian besar adalah anak anak muda yang dengan semangat turut melestarikan kebudayaan jawa. Dalam acara ini Pemerintah Kalurahan berkenan memberikan bantuan dana untuk kegiatan operasional kelompok seni karawitan Mulyo Laras.

Bapak Joko Purnomo selaku Wakil Bupati Bantul dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat untuk menjaga, mempertahankan dan melestarikan kebudayaan jawa sehingga nantinya tidak hilang karena pengaruh budaya dari luar. Selain itu juga merasa bangga dengan terbentuknya Kelompok seni karawitan Mulyo Laras yang sebagian besar anggotanya adalah anak anak muda dan berharap terus semangat dalam latihan sehingga bisa meningkatkan ketrampilan karawitannya. Sebagai bentuk dukungannya Bapak Wakil Bupati Bantul menyanggupi untuk mendampingi kelompok seni karawitan Mulyo Laras untuk mendapatkan bantuan  seperangkat gamelan dari Pemerintah Propinsi DIY pada tahun 2024.

Dalam acara ini juga dilaksanakan serah terima secara simbolis dari  kelompok karawitan sebelumnya yaitu kelompok seni karawitan Laras Mulyo yang disesepuhi oleh Bapak Setyo Raharjo kepada kelompok seni karawitan penerusnya yaitu kelompok seni karawitan Mulyo Laras yang dipimpin oleh Rusdiyanto.