Duta Digital dan Kader Digital Desa Cerdas di Kulon Progo Ngabuburit di Kalurahan Pleret

11 April 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 444 Kali
Duta Digital dan Kader Digital Desa Cerdas di Kulon Progo Ngabuburit di Kalurahan Pleret

infoPleret- Senin, 11 April 2023 pukul 16.00 WIB Eko Susanto selaku Duta Digital Kabupaten Kulon Progo membawa 6 orang Kader Digital dari desa cerdas di wilayah sentolo dan sekitarnya untuk ngabuburit sekaligus diskusi tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Desa di Pemerintah Kalurahan Pleret.

Smart Village atau Desa Cerdas, adalah salah satu elemen pengembangan Smart City, dengan maksud desa mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

Program Peningkatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian PDTT) melalui Program Desa Cerdas mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu sektor prioritas dalam penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa.

Sutrisno dari Kalurahan Srikayangan Sentolo yang merupakan salah satu kader digital sekaligus merangkap sebagai staf kalurahan menyampaikan maksud dan tujuan rombongan melakukan kunjungan ke Pleret adalah untuk diskusi dan menambah pengetahuan tentang penerapan TI dan SID yang sudah diterapkan dan dijalankan termasuk dengan digitalisasi pemetaan tanah di kalurahan.

Kemudian di sesi pemaparan Lurah Pleret menyampaikan bahwa digital atau digitalisasi Pemerintahan yang ada di pleret bukanlah suatau tujuan, melainkan sebagai alat untuk mempercepat (katalisator) dalam rangka mencapai tujuan visi-misi lurah terpilih. Dengan adanya inovasi digital di bidang pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat tentunya akan mewujudkan pemerintahan kalurahan yang bersih, transparan dan akuntabel di bidang pengelolaan keuangan negara, serta mendorong partisipasi dan swadaya masyarakat yang lebih besar lagi untuk mewujudkan kemajuan suatu desa/kalurahan.

Dan semua inovasi yang berkaitan dengan digitalisasi pelayanan dan pemerintahan hampir sudah diterapkan di Kalurahan Pleret dan dikemas didalam satu website desa di https:\\pleret.id yang telah berhasil membawa Kalurahan Pleret masuk 3 besar lomba desa tingkat regional 2 jawa-bali.

Dan setelah acara diskusi panjang lebar tentang materi desa cerdas, acara dilanjutkan dengan ramah tamah menikmati hidangan Buka Puasa di warung kuliner sate klatak Mas Gandung yang bersebelahan dengan kantor Kalurahan Pleret.