Rapat Rutin BKM Maju Makmur Kalurahan Pleret di Bulan Puasa

18 April 2023
Dewi Orisya
Dibaca 411 Kali
Rapat Rutin BKM Maju Makmur Kalurahan Pleret di Bulan Puasa

infoPleret- Senin (17/04/2023) BKM Maju Makmur Kalurahan Pleret mengadakan rapat rutin dan buka bersama dikarenakan bulan ini masih bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1444 H, bertempat di kediaman Bp. Slamet Kedaton.

Dalam rapat ini dihadiri oleh Anggota BKM dan semua Unit Pengelola (UP) yaitu Unit Pengelola Keuangan, Unit Pengelola Sosial dan Unit Pengelola Lingkungan.

Pembukaan dilakukan oleh Koordinator BKM, Bp. Muhammad Sholikan, ST dan dilanjutkan dengan laporan dari masing - masing Unit Pengelola (UP) :

1. Unit Pengelola Lingkungan (UPL)

Disampaikan oleh Bapak Ashari selaku koordinator UPL, telah disepakati untuk kunjungan door to door untuk setiap KSM yang angsuran pinjamannya tidak lancar, paling lambat 15 hari setelah lebaran akan melaksanakan rencana kerja tersebut dan untuk surat tagihan/berita acara pengakuan hutang dan kesanggupan bayar akan dipersiapkan oleh kesekretariatan.

2. Unit Pengelola Keuangan (UPK)

Disampaikan oleh Bapak Slamet yang mewakili manager UPK untuk melaporkan arus kas keuangan yang disampaikan oleh Bp. Slamet dengan total aset perguliran di neraca UPK yang hampir mencapai nilai 1 M rupiah.

3. Sekretariat

Disampaikan oleh Bapak Rifqi Fatoni, A.Md. dan melaporkan dana operasional BKM per 31 Maret 2023 dengan menyajikan laporan bulanan sekretariat dengan pengeluaran untuk operasional dan pendampingan BKM serta honor UP-UP sejumlah 3 juta rupiah rata-rata setiap bulannya.

4. Unit Pengelola Sosial (UPS)

Disampaikan oleh koordinator UPS Bapak Tadhorungin dengan adanya beberapa usulan mengenai dana sosial yang perlu didistribusikan saat ada Pengurus BKM yang sakit.

Koordinator BKM juga menyampaikan proses pencairan dana yang akan dipinjam dari KSM yang memerlukan beberapa tahapan yaitu setelah melalui verifikasi proposal KSM dan disetujui maka Bp. Muh. Muknisun selaku Manager UPK, kemudian manager UPK bersama Bp. Muhammad Sholikan dan Ibu Parmi, mengambil uang ke Bank karena sesuai prosedur yang ada bahwa untuk pencairan dana dari rekening dibutuhkan 3 speciment tanda tangan pengurus BKM, kemudian baru dilakukan pencarian kepada KSM.

Rapat ditutup dengan kultum dari Bapak H. Ismadi Tentang 10 hari terakhir Bulan Ramadhan dan berbuka puasa bersama.

(orisya-Pleret)