Bimteks Keterbukaan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Kepada Tim PBJ oleh TA P3MD Kabupaten Bantul

05 April 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 471 Kali
Bimteks Keterbukaan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Kepada Tim PBJ  oleh TA P3MD Kabupaten Bantul

infoPleret- Selasa, 4 April 2023 telah dilaksanakan bimbingan teknis kepada Tim Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Kalurahan Pleret dengan menghadirkan narasumber dari TA P3MD Kabupaten Bantul.

Hadir dalam acara bimteks ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., TA P3MD Kabupaten Bantul Bapak Wuryan, Tim PBJ, Pendamping Desa Kapanewon Pleret Sdr. Joko Purwanto serta Kaur Tatalaksana. 

Lurah Pleret dalam pengantarnya menyampaikan bahwa perlunya suatu kalurahan untuk memiliki tim PBJ yang mumpuni, agar segala kegiatan pengadaan barang maupun jasa yang ada di pemerintah kalurahan bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang benar. Tentunya dengan adanya tim PBJ dapat membantu pembuatan dokumen administrasi kepada Kasi/Kaur (PK) dalam setiap kegiatan pengadaan barang maupun jasa.

Proses pengadaan barang dan jasa dengan nominal diatas jumlah yang ditentukan harus memlaui proses pengumuman kepada masyarakat, dan Pelaksanaan kegiatan pun harus di informasikan kepada masyarakat melalui papan proyek/ papan informasi kegiatan.

Narasumber bapak Wuryan dalam materinya menyampaikan berbagai regulasi dan kebijakan tentang tatacara pengadaan barang dan jasa di kalurahan. Selain itu juga diadakan diskusi dan pembahasan format - format kelangkapan yang perlu disiapkan dalam setiap proses pengadaan barang maupun jasa, termasuk perlunya pengumuman di setiap pengadaan barang / jasa diatas nominal yang ditentukan di regulasi yang berlaku. 

Diharapkan dengan adanya bimteks ini, kedepan proses pengadaan barang dan jasa disetiap kegiatan yang ada di Pelaksana Kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan dan bisa aman dari segala macam pemeriksaan.