Lurah, Carik dan Ulu-ulu se Kapanewon Rongkop Adakan Study Lapangan Perencanaan Pembangunan

31 Mei 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 419 Kali
Lurah, Carik dan Ulu-ulu se Kapanewon Rongkop Adakan Study Lapangan Perencanaan Pembangunan

InfoPleret - Rabu, 31 Mei 2023 Pemerintah Kapanewon Rongkop Gunungkidul membawa rombongan Lurah, Carik dan Ulu - ulu se kapanewon untuk melakukan study lapangan Perencanaan Pembangunan Kalurahan di Desa Digital Pleret.

Hadir dalam kunjungan ini Panewu Rongkop Esi Suharto, SH., M.Si., beserta jajarannya, Lurah-carik-ulu ulu se Kapanewon Rongkop, Panewu Pleret Evie Nur Siti Fatonah, S.Sos., MM., Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Ketua Bamuskal Pleret Drs. Slamet Widodo, serta peserta study lapangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. menyampaikan materi tentang pilar kemandirian desa, reformasi birokrasi kalurahan, serta penerapan sistem informasi desa dalam membantu pemerintah desa mengolah data untuk kesejahteraan masyarakat desa. selain materi umum lurah pleret juga menyajikan berbagai macam inovasi teknologi informasi yang sudah diterapkan di pemerintah Kalurahan Pleret.

Dalam sesi tanya jawab, banyak muncul berbagai pertanyaan tentang pembangunan website kalurahan yang sangat lengkap, perlu pembiayaan seberapa besar, perlu waktu seberapa lama dan juga perlu seberapa banyak SDM yang dibutuhkan dalam pendataan serta pengelolaan website kalurahan.

Setelah pemaparan dan tanya jawab peserta diantarkan keliling beberapa situs bersejarah menggunakan kereta kelinci, diantaranya Situs Kerto, Situs Masjid Kauman, Situs Makam Ratu Malang, Situs Benteng Mataram dan terakhir mengunjungi Museum Pleret.

Diharapkan setelah diadakan study lapangan ini, peserta dapat mengambil hal-hal positif yang ada di Kalurahan Pleret untuk bisa diterapkan di Kalurahan masing-masing.