Idul Adha 1444 H Jamaah Masjid Riyadhush Sholihin Sembelih 4 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing

29 Juni 2023
Yuono Purwanto
Dibaca 384 Kali
Idul Adha 1444 H Jamaah Masjid Riyadhush Sholihin Sembelih 4 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing

Info Pleret. Jamaah Masjid Riyadhush Sholihin Demangan Gunungan pada hari Rabu (28/6/2023) melaksanakan penyembelihan hewan qurban Idul Adha Tahun 1444 H yang mengambil tempat di halaman masjid. Adapun jumlah ternak qurban 4 (empat) ekor sapi dan 5 (ekor) kambing.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah jamaah mengikuti Sholat Ied di Lapangan Sultan Agung Pleret. Semua unsur masyarakat baik bapak bapak, ibu ibu, muda mudi maupun anak anak terlibat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini.

Ketua Panitia Qurban Bapak Wahyudi menyampaikan bahwa untuk tahun 1444 H ini ada 33 orang shohibul qurban dengan qurban berupa sapi sebanyak 4 ekor dan kambing 5 ekor. Dan daging qurban akan dibagikan kepada seluruh warga masyarakat di RT 01, RT 02 dan RT 03 dengan hitungan per jiwa.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban selama tiga kali Idul Adha ini sudah mengguna alat yang mempermudah penyembelihan dan mengurangi stres dari hewan qurban. 

Setelah dilaksanakan kelet dan penimbangan daging qurban yang akan dibagi ke masyarakat diperoleh berat daging qurban sapi sebanyak 492 kg dan kambing sebanyak 59 kg. Daging qurban tersebut terbagi dalam 613 bungkus plastik @ 0,7 kg dan 560 bungkus @ 1 ons.

Dalam distribusi daging qurban melibatkan Ketua RT masing masing untuk memastikan semua warga yang berada di RT 01, RT 02, RT 03 termasuk yang kontrak atau kos mendapatkan bagian daging qurban.

Sekretaris Panitia Bapak Purwanto menyampaikan rasa syukur bahwa berkat semangat dan kerjasama dari warga masyarakat rangkaian pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sampai dengan distribusi berjalan dengan lancar. Selanjutnya menyampaikan sekitar 1 (satu) minggu depan akan dilaksanakan rapat laporan dan evaluasi pelaksanaan qurban sekaligus pembubaran panitia.

 

Â