Pawiyatan Pranatacara Membuat Terobosan Melalui 12 Rintisan Desa Budaya di Kabupaten Bantul

13 Agustus 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 410 Kali
Pawiyatan Pranatacara Membuat Terobosan Melalui 12 Rintisan Desa Budaya di Kabupaten Bantul

Infopleret - Kalurahan Pleret, 12 Agustus 2023 - Dalam upaya melestarikan dan mengangkat nilai-nilai budaya lokal, Kundha Kabudayan/ Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY) Kabupaten Bantul menggelar acara Pawiyatan Pranatacara di 12 Rintisan Desa Budaya. 

Acara yang berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 8 hingga 12 Agustus 2023, ini menjadi panggung bagi 25 peserta yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Ruang Pertemuan Kalurahan Pleret dan Gerbang Pleret Arsitektur Gaya Yogyakarta menjadi saksi dari berbagai aktivitas yang dilakukan dalam Pawiyatan Pranatacara.

Pawiyatan Pranatacara bukan hanya sekadar seminar atau pelatihan, tetapi juga merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan dan kearifan lokal dalam konteks pranatacara. Berbagai topik dibahas, mulai dari seni berbicara, etika berperilaku, hingga pengetahuan seputar tradisi dan adat istiadat di Yogyakarta.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., menyampaikan bahwa Pawiyatan Pranatacara adalah langkah nyata dalam menjaga dan mewariskan nilai-nilai budaya yang lekat dengan identitas Kalurahan Pleret. Ia berharap, melalui acara ini, peserta dapat menjadi duta-duta budaya yang mampu mengenalkan dan mempromosikan kekayaan kultural yogyakarta kepada masyarakat yang lebih luas lagi.

Pengurus PPY Kabupaten Bantul juga mengungkapkan kebanggaannya atas kolaborasi ini. Menurut mereka, melibatkan paguyuban ini dalam acara seperti Pawiyatan Pranatacara adalah bentuk nyata dukungan terhadap pelestarian seni berpidato dan budaya lisan yang semakin terpinggirkan oleh perkembangan zaman.

Dengan tegas, acara ini juga menempatkan beberapa tagar populer seperti #pawiyatanpranatacara, #rintisandesabudaya, dan #kundhakabudayanbantul. Ini menunjukkan upaya dalam mengarahkan perhatian lebih banyak orang terhadap warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Pawiyatan Pranatacara di 12 Rintisan Desa Budaya merupakan bukti konkret bahwa kerjasama antara lembaga pemerintah, paguyuban budaya, dan masyarakat dapat menghasilkan dampak yang luar biasa dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya lokal. Keberhasilan acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi upaya serupa di daerah lain, sehingga kekayaan budaya Indonesia dapat terus dijaga dan dikenal oleh generasi muda.

#pawiyatanpranatacara

#rintisandesabudaya

#kundhakabudayanbantul

#ppy

#kalurahanpleret

#heritageofmataram