Kalurahan Pleret Bersiap Bersaing di Lomba KID Tingkat Nasional

01 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 449 Kali
Kalurahan Pleret Bersiap Bersaing di Lomba KID Tingkat Nasional

Pleret, Yogyakarta - Prestasi gemilang kembali diraih oleh Kalurahan Pleret, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Pengumuman Penilaian Lomba Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Daerah (KID) pada tanggal 31 Agustus 2023. Kalurahan Pleret berhasil meraih peringkat pertama dalam penilaian ini, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu yang terbaik dalam menerapkan prinsip keterbukaan informasi.

Dalam upaya mempertahankan prestasinya, Kalurahan Pleret kini bersiap untuk berkompetisi di tingkat nasional dalam Lomba KID. Proses penilaian nasional yang akan segera dimulai ini akan menjadi tantangan yang lebih besar, di mana Kalurahan Pleret akan bersaing dengan kalurahan-kalurahan lainnya dari seluruh Indonesia.

"Kami sangat bangga dengan prestasi ini, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan keterbukaan informasi di kalurahan kami," ujar Taufiq Kamal,.S.Kom., M.Cs. selaku Lurah Pleret. "Kami akan bekerja keras untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian nasional, dan kami berharap bisa masuk nominasi yang akan diikutsertakan dalam visitasi lapangan pada bulan Oktober mendatang."

Lomba KID tingkat nasional ini tidak hanya mengukur sejauh mana penerapan prinsip keterbukaan informasi, tetapi juga memberikan kesempatan kepada kalurahan/Desa untuk membagikan praktik terbaik mereka dalam hal transparansi dan akuntabilitas. Dengan demikian, Kalurahan Pleret berharap bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya dalam menerapkan standar tinggi dalam hal keterbukaan informasi.

Prestasi Kalurahan Pleret dalam Lomba KID Tingkat Nasional tentu saja menjadi hal yang patut ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat. Semua pihak berharap agar Kalurahan Pleret bisa meraih hasil yang gemilang dalam kompetisi ini dan terus menjadi teladan dalam menerapkan prinsip keterbukaan informasi yang penting dalam pemerintahan yang transparan dan akuntabel.