Lembaga Desa Werdi Bhuwana Kec. Mengwi Kabupaten Badung Kunjungi Desa Digital Pleret

25 September 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 77 Kali
Lembaga Desa Werdi Bhuwana Kec. Mengwi Kabupaten Badung Kunjungi Desa Digital Pleret

InfoPleret - Senin, 25 September 2023, Desa Werdi Bhuwana, yang berlokasi di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, telah mengadakan kunjungan orientasi lapangan di Kalurahan Pleret. Rombongan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Werdi Bhuwana, Bapak I Ketut Sadia Wijaya, SE, yang membawa bersama anggota lembaga-lembaga desa seperti Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Linmas, dan Pendamping.

Kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang pengelolaan desa digital, digitalisasi sistem pemerintahan desa, dan keterbukaan informasi yang telah diimplementasikan oleh Kalurahan Pleret. Ketertarikan akan potensi perkembangan teknologi dalam tata kelola desa menjadi salah satu alasan utama diadakannya kunjungan ini.

Pada kunjungan ini, peserta mendapatkan pemaparan materi yang informatif dari Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs. Materi tersebut melibatkan konsep dan praktik penggunaan teknologi informasi dalam mengelola kegiatan desa, termasuk cara pengembangan sistem informasi desa yang telah berhasil diterapkan oleh Pemerintah Kalurahan Pleret.

Peserta kunjungan tampak sangat antusias dalam sesi tanya jawab, dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait dengan implementasi sistem informasi desa. Mereka ingin memahami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik, transparansi, serta partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan di desa mereka.

Ketut Sadia Wijaya, SE, Perbekel Desa Werdi Bhuwana, mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif Kalurahan Pleret dalam mengembangkan desa digital yang terbuka. Dia berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan tata kelola dan pelayanan di Desa Werdi Bhuwana.

Kunjungan orientasi lapangan ini menjadi salah satu contoh konkret bagaimana kolaborasi antardesa dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman dapat memperkuat komunitas dan mendorong inovasi dalam pengelolaan desa. Dengan semangat yang tinggi, Desa Werdi Bhuwana berencana untuk menerapkan beberapa konsep yang mereka pelajari dalam upaya menuju desa yang lebih maju, terbuka, dan berkelanjutan.